Tak sedang bercanda, Direktur Utama PT Freeport Indonesia (PTFI), Tony Wenas menyebut adanya 5 perusahaan yang tertarik cemplungin modal di hilirisasi mineral dan batubara (minerba).

Menurutnya, hilirisasi yang dicanangkan oleh pemerintah dan kebijakan yang ada saat ini, sudah cukup menarik untuk mengundang investor berinvestasi di Indonesia.

Namun, kata Tony, itu belum cukup. Pemerintah Indonesia perlu adanya insentif, baik fiskal maupun non fiskal, untuk mempercepat realisasi investasi. "Saya dalam kapasitas wakil ketua Kadin, sebenarnya program ini sudah banyak investor yang melirik dan melakukan komitmen," kata Tony, Selasa (22/3/2022).

Tony menuturkan, ada beberapa tantangan program hilirisasi di Indonesia. Pertama, tidak semua pengusaha/penambang menguasai bidang hilirisasi.

"Kalau bicara penambang, ini bisnisnya kan lebih ke hulu. Sementara hilirisasi ya di hilir. Makanya, bagi beberapa penambang merasa hilirisasi bukan bidangnya," kata Tony.

Wakil Ketua Kadin bidang investasi ini, mengatakan, program hilirisasi adalah industri padat modal sehingga perlu ada modal yang tidak sedikit.

"Tapi memang cashflow-nya lama karena harus keluar investasi dulu, membangun smelter, dan sebagainya. Tapi memang tetap lebih menguntungkan," katanya.

Begitu juga dengan smelter tembaga yang tengah dibangun PTFI, dan juga Amman Mineral lagi proses membangunnya. "Dan, kalau ini sudah tumbuh menjadi industri yang integrated, akan memiliki nilai tambah yang real," imbuhnya.

Sementara itu, terkait dengan pembangunan smelter kedua PT Freeport Indonesia di Gresik, Tony berharap, smelter tersebut bisa memunculkan industri-industri hilirisasi.

"Seperti yang disampaikan Presiden dalam groundbreaking smelter kedua PTFI, diharapkan muncul industri hilirisasi lainnya sebagai pengguna dari katoda tembaga. Untuk tumbuh juga gak hanya di Gresik tapi di daerah lain," ujarnya.

Oleh karena itu, imbuhnya, diharapkan Kementerian Perindustrian dan Kementerian lainnya bekerjasama agar industri hilir terus tumbuh. "Agar kami memproduksi katoda tembaga bisa dimanfaatkan di hilirisasi," kata Tony.