Diperkirakan, perputaran duit di perhelatan ini, cukup gede lho. Pantas saja Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati sumringah. Sejak awal dia optimis bahwa ajang MotoGP Mandalika, membawa berkah ekonomi.

Dia memproyeksikan, perputaran uang di ajang balapan motor dunia tersebut bisa mencapai Rp 3 triliun.

"Sebetulnya kita melihat lebih dari ke dampak secara daerah dan nasional. Jadi kalau pre event saja, sebelum ini ya, itu sekitar Rp 500 miliar berputar di sini. Nah sekarang event-nya naik enam kalinya," kata Nicke di Pertamina Mandalika International Street Circuit, NTB, Minggu (20/3/2022).

Nicke mengatakan, dari mulai proses konstruksi sampai pre event MotoGP, ada 11 ribu pekerja yang terserap. "Jadi tenaga kerja yang terserap banyak. Bagi kami Pertamina, kebanggaan itu selain brand juga mendunia, juga dampak ekonomi," katanya.

Nicke merasa banyaknya para pihak yang terlibat dalam ajang MotoGP Mandalika membuat semakin banyak masyarakat ikut mendapatkan dampak positif. Ia menyebut sektor yang ikut tergerak adalah perhubungan hingga kuliner.

"Dan ini bisa dilihat penontonnya luar biasa membeludak, seluruh tiket sold out tiga hari ini dan flight penerbangan ke sini lebih dari 3 kalinya. Sehingga semuanya bergerak dalam 3 bulan ini. UMKM ada tambahan 1.300 UMKM baru untuk kuliner saja," ujar Nicke.

Selain itu, kata Nicke, banyak UMKM lainnya seperti suvenir yang ramai diburu masyarakat yang datang menyaksikan MotoGP Mandalika. Ia berharap event tersebut juga membuat pariwisata Mandalika semakin mendunia.

Kita berharap dengan Mandalika sudah dikenal di dunia dan ini turis lokal juga mengenal keindahan Mandalika, sehingga ini menjadi satu destinasi untuk wisata ke depannya," katanya.

Nicke memastikan Pertamina terus mendukung pelaksanaan balapan motor tersebut. Tak hanya dari segi sirkuit, ia memastikan pasokan BBM tetap terjaga dengan baik.

Dengan masuknya penonton sebanyak ini, ini semua kan bergerak, karena demand bergerak, mobilitas bergerak. Kami memantau dari bagaimana demand baik itu avtur, BBM, LPG, dan kita sudah siapkan skenario ini, stoknya kita tambah sehingga tidak ada kendala," ujarnya.

Lebih lanjut, Nicke merasa bangga Pertamina bisa berkontribusi di event MotoGP mulai dari pembangunan sirkuit hingga pelaksanaan balapan. 

"Ini adalah pembuktian kita memperlihatkan bagaimana Indonesia bisa dibangun dengan cepat, melakukan akselerasi dalam recovery pasca pandemi COVID-19," kata Nicke.