Chief Executive Officer (CEO) Indodax, Oscar Darmawan meyakini, perkembangan pasar aset kripto yang terus menunjukkan tren positif akan mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

"Tingginya tren investasi kripto dan minat masyarakat terhadap kripto sebagai aset digital memang memberikan peluang besar bagi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Bukan tidak mungkin pertumbuhan nya pun akan sangat pesat," ujar Oscar, dikutip Jumat (18/3/2023).

Oscar menambahkan, potensi pertumbuhan yang pesat tersebut didukung oleh beberapa faktor seperti data jumlah pengguna internet di Indonesia yang sudah mencapai 196,7 juta jiwa pada 2020.

Tidak hanya itu, dari sisi demografi pun, Indonesia masuk menjadi salah satu negara dengan penduduk terbanyak di dunia yang mencapai 270 juta jiwa dan didominasi oleh penduduk dengan usia produktif yang mencapai 70,72 persen berdasarkan Data Sensus Penduduk 2020.

Sebagai suatu komoditas digital, aset kripto terus mencatatkan pertumbuhan positif. Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, jumlah investor aset kripto di Indonesia sudah mencapai 11 juta orang per akhir 2021. Total investor kripto pun sudah melampaui jumlah investor di pasar modal yang jumlahnya mencapai 7,5 juta investor.

Ketua MPR, Bambang Soesatyo memberikan respons yang positif terkait tren pertumbuhan investasi aset kripto.

Menurut dia, pasar aset kripto memiliki potensi investasi yang besar sehingga pemerintah perlu memanfaatkannya sebagai momentum percepatan transformasi ekonomi digital.

Senada dengan pernyataan Bambang Soesatyo, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mendukung pesatnya tren investasi kripto di Tanah Air. Dalam hal ini, Jerry mendukung token kripto karya anak bangsa asal mengikuti regulasi yang ada.

Menurut Jerry, token kripto lokal dapat dimanfaatkan menjadi produk ekspor digital bagi Indonesia sehingga nantinya Indonesia dapat menjadi pemain utama dari industri kripto dunia.

Oscar kembali mengatakan, sebagai pedagang, pihaknya akan terus mendukung langkah langkah yang akan diambil oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dan Kementerian Perdagangan selaku regulator untuk mendukung perkembangan kripto di Indonesia.

"Tidak hanya itu, kami pun akan terus mendukung para developer kripto dalam negeri dan mencoba menjembataninya dengan pihak Bappebti," kata Oscar.

Dia menyampaikan, langkah penegak hukum perlu diacungi jempol dalam memberantas investasi ilegal yang belakangan ramai diberitakan. Dia berharap masyarakat Indonesia semakin mudah memahami investasi yang baik dan mampu membedakannya dengan yang ilegal.

“Selain menyambut baik respon positif Ketua MPR terhadap kripto, kita juga perlu mengapresiasi tindakan penegak hukum yang dilakukan Polri untuk memberantas investasi ilegal yang ramai belakangan ini. Dengan langkah tegas ini, tentu menunjukkan komitmen pemerintah sebagai pengawas untuk melindungi para investor sekaligus komitmen untuk membesarkan ekonomi digital," ujar Oscar.