Ditunjuknya Mayjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) dinilai wajar oleh Pendiri Lembaga Survei KedaiKopi, Hendri Satrio.

Menurut dia, penunjukan tersebut makin menguatkan lingkaran pertahanan dan keamanan negara dipegang oleh orang-rang dekat Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kita mengerti, presiden sebagai panglima tertinggi pasti ingin program keamanan berjalan baik. Yang dipilih ya yang deket dan dikenal beliau," kata Hendri Satrio, Sabtu (22/01/2022).

Hal itu terlihat pada penunjukan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Seperti diketahui, Jenderal Andika Perkasa merupakan menantu AM Hendropriyono, yang tak lain adalah juga orang dekat Presiden Jokowi.

Kini, hal serupa terjadi saat Andika menunjuk Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad. Maruli Simanjuntak merupakan menantu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves), Luhut Binsar Pandjaitan, yang juga diketahui sebagai orang dekat Presiden Jokowi.

"Yang dekat dengan Pak Jokowi 'kan Pak Hendro dan Luhut. Pak Hendro ada Andika (Panglima TNI) dan Maruli (menantu Luhut)," tutup Hendri Satrio.