Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menitipkan pesan agar musyawarah daerah (Musda) DPD Demokrat Jawa Timur (Jatim) dilaksanakan dengan semangat soliditas. Pesan itu dikeluarkan menyusul terjadinya dinamika di Demokrat Jatim dan antar kabupaten/kota.

AHY menyadari jelang musda, tensi Demokrat se-Jatim mulai memanas. Pemicunya adalah saling klaim dukungan, antara kubu Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak dengan kubu menantu mantan Gubernur Jatim Soekarwo, Bayu Airlangga. Kedua nama itu belakangan digadang-gadang menjadi kandidat kuat calon Ketua Demokrat Jatim yang baru.

"Saya memahami, menjelang Musda ada dinamika, ada suasana hangat. Hangat boleh tapi jangan sampai terbakar," kata AHY secara virtual, saat membuka Musda Demokrat Jatim di Surabaya, dikutip Jumat (21/1)

AHY pun meminta agar para kader Demokrat di Jatim untuk menyatukan energinya, agar partai berlambang bintang mercy itu tetap utuh dan tak terpecah belah.

"Marilah kita satukan energi ini, kita jauhkan hal yang justru membuat kita terpecah belah. Musda ini forum konsolidasi, bukan forum polarisasi," ujarnya.

Putra Presiden ke-5 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu mengatakan, Demokrat membuka ruang bagi perbedaan di dalam musda, karena hal itu merupakan esensi demokrasi.

Tapi, ia ingin kadernya mampu menjaga kedewasaan untuk mempertahankan keutuhan Partai Demokrat, meski berada di tengah perbedaan pandangan dan pilihan dalam gelaran musda. "Saya yakin kader di Jatim memiliki kedewasaan, menjaga pentingnya soliditas ini," ucapnya.

AHY dikutip CNN Indonesia berharap, melalui musda ini Demokrat Jatim dapat melahirkan pemimpin serta jajaran pengurus yang bisa meningkatkan elektabilitas partai.

Ia juga menyebut bahwa Emil Dardak dan Bayu Airlangga adalah kader-kader terbaik yang layak memimpin Demokrat Jatim di masa depan. Ia lalu meminta keduanya bersalaman.

"Pertama Mas Emil Dardak, yang kedua Mas Bayu Airlangga Keduanya adalah kader terbaik Demokrat Jatim. Saya minta di Musda ini, tunjukkan kalau kita partai yang bermartabat dan berjiwa kesatria," kata dia.

Sementara itu berdasarkan hasil Musda Demokrat Jatim, Emil Dardak diketahui mengantongi dukungan 13 DPC plus 1 DPD, sementara Bayu Airlangga mendapat dukungan 25 DPC.