Saat ini, banyak orang yang mulai mempelajari uang kripto dan berinvestasi terhadap uang mata kripto. Lalu, apa sebenarnya itu uang mata kripto?

Mengutip forbes.com, Jumat (14/1/2022), mata uang kripto adalah sebuah aset digital yang didesain untuk menjadi alat tukar mengunakan kriptografi yang kuat untuk mengamankan sebuah transaksi keuangan, mengontrol proses pembuatan unit tambahan, dan melakukan verifikasi terhadap transfer aset.

Mata uang kripto memiliki banyak jenis, salah satu yang paling populer adalah bitcoin. Selain bitcoin, terdapat beberapa mata uang kripto yang terkenal seperti dogecoin, stellar, ethereum, litecoin, dan ribuan mata uang kripto lainnya.

Untuk menyimpan mata uang kripto, anda diharuskan memiliki akun wallet khusus, seperti Indodax, Blockchain, Coinbase, dan berbagai wallet yang lain. Di Indonesia, mata uang kripto belum diatur untuk menjadi alat tukar yang sah, tetapi Anda bisa mencairkan mata uang kripto yang Anda miliki menjadi uang tunai. Untuk mencairkan uang kripto tersebut, harus mengikuti beberapa langkah yang tercantum dalam wallet.