Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan meninjau proyek konstruksi Tunnel 2 untuk Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung di Purwakarta, pada Rabu (12-01-2022).

“Kondisi tunnel sudah semakin baik, tadi sudah mulai dikerjakan terus ke dalam karena di atas sudah di _grouting_ (sementasi) dengan bahan beton, dan menurut ahli-ahli ini akan mengurangi goyangan,” ungkap Menko Luhut.

Disamping itu, pada kesempatan yang sama Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan tunnel 2 tersebut mengalami kendala dari faktor geologi sehingga membutuhkan penanganan yang khusus.

“Tunnel 2 ini terkendala masalah geologi karena tanahnya seperti lumpur atau clay shale, ya begitu digali longsor lagi, digali longsor lagi. Jadi butuh penanganan khusus,” kata Dwiyana usai kegiatan.

Namun demikian, tambahnya, sudah ada penanganan yang dilakukan yaitu dengan surface grouting yang saat ini sudah dalam tahap penyelesaian. Menurut Dwiyana, dari panjang 1052 meter, pengerjaan tunnel 2 sudah mencapai 70 persen yaitu sudah 700 meter yang selesai dan tersisa 300 meter lagi.

“Hari ini  pada posisi sudah mulai akan normal kembali sehingga ditargetkan akan selesai pada bulan april. Untuk itu Pak Menko datang langsung kesini untuk mengecek langsung progresnya dan akan dilaporkan kepada Presiden” lanjut Dwiyana.

Lebih jauh, setelah pembangunan tunnel 2 selesai, Dwiyana mengatakan bahwa pengerjaan proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung akan dilanjutkan pada tunnel 6 dan tunnel 4. Dari 13 tunnel dia mengakui ada 3 tunnel yang belum selesai.

Untuk mempercepat pekerjaan surface grouting dalam rangka perbaikan kualitas geologi, kontraktor HSRCC-Sinohydro telah menambah jumlah pekerja tunnel 2 sebanyak 72 orang (termasuk 17 orang ahli grouting dan 33 orang ahli tunnel) sehingga posisi di akhir Desember menjadi total 545 pekerja.

Sebagai informasi, hadir mendampingi Menko Luhut, Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves Septian Hario Seto, Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi, Penasehat Senior Menko Marves Bidang Technology and Sustainable Development Rachmat Kaimuddin, plt. Deputi Bidang Koordinasi Sumberdaya Maritim Jodi Mahardi serta Bupati Purwakarta  Hj. Ambu Anne Ratna Mustika.