Gugatan yang dilayangkan oleh Doddy Sudrajat kepada Marissya Icha terkait donasi untuk Gala Sky Andriansyah, putra dari almarmuhah Vanessa Angel dan almarhum Bibi Andriansyah, akhirnya mendapatkan tanggapan dari pihak Kemensos RI.

Menindaklanjuti gugatan tersebut, Kemensos RI mengundang Marissya Icha secara daring untuk membahas masalah donasi tersebut. Pada pertemuan daring tersebut, dari pihak Kemensos RI menghadirkan Dayat Sutisna, Kepala Sub Direktorat Pemantauan dan Penyidikan Kemensos RI, Marissya Isya sebagai tergugat, dan kuasa hukumnya, Ahmad Ramzy.

Terdapat sejumlah poin penting yang dibahas oleh kedua belah pihak. Salah satunya adalah mengenai klarifikasi pemanfaatan hasil donasi untuk Gala.

“Pertama untuk beli rumah, kemudian ada yang disisihkan yang 400 juta untuk biaya kebutuhan sehari-hari Gala ya, Mbak.” tanya Dayat Sutisna mengonfirmasi penggunaan uang donasi yang telah terkumpul tersebut.

“Betul, Pak,” jawab Marissya Icha.

Pihak Kemensos RI kemudian meminta Marissya Icha dapat membuat laporan tertulis mengenai pemanfaatan donasi untuk Gala.

“Kami berharap juga Mbak Marissya ada laporan tertulis sebagai bentuk tanggung jawab. Dan kami yakin, karena dari awal pun, kami komunikasi dengan Mbak Marissya, sangat terbuka, kooperatif. Nanti sebagai bentuk transparansi akuntabilitas, tetap kami minta laporan tertulis saja biar itu menjadi dokumentasi Kementerian Sosial untuk kegiatan galang dana si Gala,” Ujar Dayat Sutisna.

Pihak Kemensos RI juga menginformasikan Marissya Icha mengenai pembuatan perizinan adalah gratis dan juga mengenai Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1980 atas kegiatan PUB (Pengumpulan Uang dan Barang). 

“Bahwa pembiayaan hasil pengumpulan sumbangan itu bisa sebanyak-banyaknya 10 persen dari hasil pengumpulan sumbangan yang bersangkutan. Hal yang barangkali tidak terpikirkan. Biaya melaksanakan pengumpulan itu 10 persen digunakan untuk biaya operasional. Itu diperbolehkan negara. Berapa total yang dikumpulkan kemudian 10 persennya, kalau berizin, itu dilegalkan oleh negara sebagai biaya operasional,” Kata Dayat Sutisna.