Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto masih menjadi pilihan responden sebagai calon presiden (Capres) 2024 dari kategori tokoh partai politik. Hal ini menjadi temuan dalam survei yang dilakukan SMRC yang dirilis Selasa (28/12/2021). 

"Temuan ini kita bisa membuat estimasi bahwa jika pemilihan diikuti pimpinan partai politik, maka besar kemungkinan Pak Prabowo akan keluar sebagai pemenangnya," kata Direktur Eksekutif SMRC, Sirojuddin Abbas dalam paparannya secara daring, Selasa (28/12/2021).

Dalam data yang dipaparkan, elektabilitas Prabowo mencapai 38,2 persen. Terpaut jauh di peringkat kedua terdapat nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 10,0 persen. 

Sementara, di peringkat ketiga muncul nama mantan presiden sekaligus Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dengan tingkat keterpilihan sebesar 7,5 persen.

Di bawahnya, muncul nama anak dari Megawati yang juga merupakan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dengan tingkat keterpilihan sebesar 5,7 persen. 

Selanjutnya, Muhaimin Iskandar sebesar 4,6 persen. Kemudian, Surya Paloh sebesar 2,5 persen, Airlangga Hartarto sebesar 1,7 persen, Salim Segaf Al-Jufri 1,7 persen, Zulkifli Hasan sebesar 0,6 persen, Ahmad Syaikhu sebesar 0,5 persen, dan Suharso Monoarfa sebesar 0,3 persen. 

"(Responden) yang menjawab belum tahu sebesar 26,8 persen," ujarnya.

Survei ini dilakukan pada periode 8-16 Desember 2021 dengan melibatkan sebanyak 2.062 responden. Adapun, pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling, dengan margin of error sebesar ±2,2 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.