Politisi Partai Demokrat, Yan Harahap ikut berkomentar terkait pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marinves), Luhut Binsar Pandjaitan soal Tenaga Kerja Asing (TKA), khususnya China.

Lewat sebuah cuitan yang diunggah di akun Twitternya, Yan menyentil Luhut yang menyebut banyaknya TKA China yang kerja di sektor tambang merupakan kesalahan 'kita'.

"Kesalahan kita? Giliran salah, ngajak2 kita. Pas lagi ‘cuan’?" ujar Yan Harahap melalui sebuah cuitan di akun Twitter pribadinya @YanHarahap Senin (22/11/2021).

Cuitan tersebut dibuat oleh Yan untuk menanggapi pernyataan Luhut terkait TKA asal China yang banyak bekerja di sektor pertambangan.

Luhut memberikan pernyataan yang menyebut banyaknya tenaga kerja asing (TKA) asal Cina yang masuk Indonesia sekarang ini adalah kesalahan bersama yang sudah berlangsung puluhan tahun. 

Selain itu, Luhut juga mengatakan, salah satu alasan yang membuat banyak tenaga kerja asing (TKA) yang bekerja di bidang tambang adalah kurang terampilnya Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia.

"Sekarang kita tidak mau hanya ekspor raw material, kita mau itu jadi satu kesatuan. Ini kesalahan kita berpuluh-puluh tahun, kita perbaiki. Memang ada kritik awalnya, 'kenapa enggak pakai tenaga Indonesia?' Memang tidak ada," ujar Luhut.