Afiliasi Sub Holding Gas Pertamina, PT Pertamina Gas (Pertagas) kembali menyelenggarakan ajang Continous Improvement Program (CIP) yang ke-11 di tahun 2021 dengan tema Creativity in You, Explore & Exploit Every Possibilities.

Direktur Utama Pertagas, Wiko Migantoro menyampaikan, ajang tahunan ini merupakan wadah bagi perwira Pertagas untuk terus berkreasi dan berinovasi. Inovasi dan kreatifitas lahir dari respon terhadap tantangan yang dihadapi dalam menjalankan tugas sehari-hari. 

"Setiap hari kita selalu bicara tentang tantangan, namun sesungguhnya apa yang dibutuhkan? Yang diperlukan adalah kemampuan untuk mengeksplorasi dan mengeksploitasi setiap peluang bisnis yg dapat meningkatkan keuntungan perusahaan. Baik dari bisnis eksisting, maupun dari pengembangan bisnis baru, untuk itu, seluruh Perwira Pertagas dituntut untuk meningkatkan kreativitas dan inovasinya," ujar Wiko.

Hal senada disampaikan oleh Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dalam sambutannya di pembukaan acara CIP Pertagas 2021. Beliau menyampaikan bahwa di tengah era yang penuh ketidakpastian, melakukan terobosan dalam menciptakan ekonomi baru yang memiliki nilai tambah berbasis kekayaan intelektual adalah sebuah keniscayaan.

Sandiaga mengapresiasi kegiatan forum inovasi yang telah sebelas tahun dijalankan Pertagas, "Saya percaya bahwa dibalik setiap masalah, ada sebuah peluang. Karena itu saya sangat mengapresiasi Pertagas dan seluruh peserta forum inovasi ini. Semoga selalu dapat meningkatkan kolaborasi dan sinergi dalam meningkatkan inovasi untuk membangun negeri," ungkap Sandiaga.

Dari hasil kolaborasi, sinergi dan inovasi para perwira Pertagas, berhasil terkumpul 72 risalah dan 12 Creative Idea. Risalah dan ide-ide kreatif tersebut mampu menghasilkan value creation senilai Rp 401 miliar. Jumlah ini meningkat dari value creation di tahun sebelumnya yaitu Rp 381 miliar.

Dari 84 risalah, terpilih 6 risalah terbaik yang berhasil meraih penghargaan yaitu:

- The Best PC Prvove diraih PC Prove Vaccine Pertagas Operation West Java Area

- The Best FT Prove diraih FT Prove Bekantan - Pertagas Operation Kalimantan Area 

- The Best I Prove diraih I Prove C-Survivor 2.0 - Pertagas Operation West Java Area

- The Best Creative Idea diraih Creative Idea Kasuari - Strategic Planning & Portofolio

- The Best Costume diraih oleh PC Prove Xemetion - PT Perta Daya Gas

- Best of The Best diraih oleh Pertagas Operation West Java Area

Inovasi-inovasi yang dihasilkan dalam ajang CIP ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas, memberi solusi dan membantu Pertagas dalam mencapai target laba perusahaan tahun ini.