Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di urutan teratas calon presiden unggulan meski tingkat keterkenalannya masih di bawah sejumlah kandidat lainnya.

Berdasarkan hasil survei elektabilitas atau keterpilihan yang dilakukan Poltracking Indonesia, Ganjar dipilih oleh 18,2 persen responden dalam pertanyaan terbuka.

"Survei ini menemukan bahwa dalam pertanyaan terbuka (top of mind) Capres 2024, nama-nama yang terekam antara lain, Ganjar Pranowo (18,2 persen), Prabowo Subianto (17,1 persen), dan Anies Baswedan (10,2 persen)," ungkap Direktur Poltracking Indonesia Hanta Yuda, dalam konferensi pers virtual, Senin (25/10).

Survei ini dilakukan 3-10 Oktober 2021 terhadap 1.200 responden yang dipilih menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error sebesar kurang lebih 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Menurut Hanta, tiga sosok tersebut masih menjadi pilihan dengan tingkat elektabilitas di atas 10 persen. Sementara, ada gap cukup jauh di posisi berikutnya, yakni Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan tingkat elektabilitas 2,4 persen, disusul Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 2,1 persen.

Kemudian posisi berikutnya ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 1,7 persen. Kemudian, yang menarik nama Ketua DPR Puan Maharani 1, 5 persen mengungguli Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 1,3 persen. Di bawah nama-nama tersebut, tingkat elektabilitas tokoh berkisar antara 0,2 hingga 0,5 persen.

Temuan tersebut tidak jauh berbeda dari hasil survei dengan simulasi 15 nama alias pertanyaan tertutup. Sosok Ganjar, Prabowo, dan Anies masih menempati posisi tiga teratas.

Dari hasil simulasi 15 nama, elektabilitas Ganjar sebanyak 22,9 persen, Prabowo 20 persen, dan Anies Baswedan 13,5 persen.

Capaian Ganjar ini didapat saat tingkat keterkenalannya bukan yang tertinggi. Dalam pertanyaan soal popularitas, Prabowo merajai dengan 80,9 persen mengaku mengenalnya dan 56,7 menyukai.

Di bawahnya, ada nama Sandiaga Uno dengan tingkat popularitas 68,2 persen, dan 51,5 persen menyukai; Anies dengan popularitas 67,2 persen dan tingkat kesukaan publik 44,8 persen.

Di peringkat empat, baru ada nama Ganjar dengan popularitas 60,4 dan tingkat kesukaan publik 49,1 persen.

Bahkan, Ketua DPR Puan Maharani memiliki tingkat popularitas tak jauh beda dengan Ganjar, yakni 53,6 persen. Namun, elektabilitasnya cuma 1,5 persen (pertanyaan terbuka) dan 1,9 persen (pertanyaan tertutup).