Desakan dan dukungan agar Prabowo Subianto maju pada Pilpres 2024 datang dari 12 provinsi. Dukungan ini termasuk dari Jawa Barat (Jabar) yang dinilai bisa berpengaruh besar karena termasuk kategori lumbung suara.

Deklarasi mendukung Prabowo maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2024 terungkap saat kegiatan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Gerindra Jabar di Intercontinental Hotel, Dago, Bandung, Jumat (22/10).

Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyatakan, sudah menerima langsung aspirasi dari kader Gerindra Jabar. Ia berjanji akan menyampaikannya langsung kepada Prabowo.

"(Aspirasi berisi) Pak Prabowo Subianto untuk mengikuti kontestasi menjadi capres dari partai Gerindra pada tahun 2024 akan diteruskan kepada ketum atau pembina kami Pak Prabowo Subianto," ucap Dasco.

Dasco meminta pengurus partai di Jawa Barat terus melakukan konsolidasi agar bisa merebut kemenangan tahun 2024. Selain itu, ia menyebut bahwa sampai saat ini Gerindra belum menyatakan mengusung calon presiden.

"Tapi dengan desakan berbagai daerah, dan pada hari ini di Jabar sebagai lumbung suara Pak Prabowo, tentunya akan mempengaruhi sedikit banyaknya di Partai Gerindra soal siapa yang dicapreskan, dan apakah Pak Prabowo akan menerima atau tidak permintaan dari daerah," sebut dia.

"Sudah ada sekitar 12 provinsi yang menyatakan meminta Prabowo maju sebagai presiden dari Gerindra, Jabar ini ke provinsi ke-12, dan tentunya sebagai daerah dengan lumbung suara, akan sedikit dan banyaknya memengaruhi Pak Prabowo untuk menyatakan sikap," pungkasnya.