PT Pertamina Lubricants (PTPL), anak perusahaan PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) melakukan penandatanganan kerja sama dengan Bank BNI untuk pemberian fasilitas distributor financing.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh Direktur Finance & Business Support PTPL Catur Dermawan dan Pemimpin Divisi Bisnis Korporasi 2 PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Ditya Maharhani Harninda di Jakarta pada Rabu 13 Oktober 2021.

Program Distributor Financing bersama Bank BNI memberikan kemudahan bagi mitra PTPL dalam hal ini distributor untuk mendapatkan fasilitas kredit dengan pricing yang kompetitif. Proses pengajuan fasilitas kredit dan system approval dalam waktu yang singkat dan PTPL dapat memonitor seluruh pengajuan dan proses invoicing distributor secara realtime melalui Platform Financial Supply Chain Management (FSCM).

FSCM adalah aplikasi berbasis web service yang dimiliki dan disediakan oleh Bank BNI untuk digunakan oleh Debitur bank BNI untuk melakukan transaksi terkait dengan fasilitas pembiayaan secara digital dan realtime.

Direktur Finance & Business Support PT Pertamina Lubricants Catur Dermawan mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan salah satu strategi PTPL untuk terus mendorong peran distributor dalam pertumbuhan bisnis, peningkatkan performa, dan juga penjualan Pelumas Pertamina.

“Solusi perbankan ini memudahkan distributor kami untuk dengan cepat, mudah, dan inovatif dalam pengelolaan transaksi dan membantu menjaga cash flow distributor," tutur Catur.

Ia melanjutkan, “Para distributor kami memiliki andil yang sangat besar dalam pencapaian target perusahaan, maka perlu adanya solusi financing dan sistem layanan pembiayaan dengan kualitas terbaik guna memudahkan kerja distributor dan meningkatkan kinerja mereka. Kami mengharapkan kerja sama ini terus dapat dijalankan dengan baik, tertata, dan terevaluasi dengan benar, agar kualitas layanan bisa menguntungkan kedua belah pihak dan tentunya kepada konsumen Pertamina Lubricants. Tidak hanya itu kerja sama ini memberikan kesempatan kepada Bank BNI untuk menyalurkan pembiayaan ke distributor terbaik PTPL dengan risiko yang termitigasi," tutup catur.

Dengan komitmen dan visi untuk menjadi perusahaan kelas dunia dan juga dalam rangka mendorong peningkatan ekonomi nasional, PTPL terus berupaya untuk menguatkan infrastruktur, penerapan digitalisasi dan meningkatkan kerjasama dengan seluruh stakeholder dan mitra yang dapat memberikan nilai tambah agar bisnis tetap efisien dan kompetitif.

Kerja sama ini merupakan bentuk nyata Pertamina Go Collaborative antar BUMN yang mampu mendukung perbaikan proses bisnis untuk semua stakeholders.