PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) menyerahkan bantuan lima unit mesin pemipil jagung kepada para petani di Desa Siantar Utara, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba, Sumatra Utara. 

Bantuan ini merupakan kolaborasi antara INALUM bersama Anggota Komisi VII DPR RI Lamhot Sinaga. Lamhot mengatakan, program ini merupakan kegiatan rutin. Dia berharap agar jangkauan program ini bisa diperluas. 

"Saya sampaikan aspirasi masyarakat kepada PT INALUM untuk saat ini membantu petani jagung, dan mereka langsung bantu dengan memberi lima unit mesin pemipil jagung. Mereka juga tidak hanya bantu Masyarakat di Toba, tetapi juga Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan dan tempat-tempat lainnya,” ujar Lamhot, Selasa (12/10/2021). 

Sementara itu, Senior Vice President CSR & PKBL PT INALUM Ismail Midi menjelaskan bahwa program ini merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja para petani.

"Kami berharap bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat bisa dimanfaatkan dengan baik," ujar Ismail. 

Alat pemipil jagung ini berfungsi untuk memperbaiki hasil jagung pipilan sekaligus membuat proses tersebut lebih efektif dan efisien dibanding menggunakan cara manual. Dengan waktu pemipilan yang lebih singkat, maka petani akan lebih mudah menjualnya ke pasar. 

Kepala Desa Siantar Utara Pargaulan Marapaung menyampaikan terima kasih kepada PT INALUM dan Lamhot yang telah memberikan bantuan kepada petani. 

"Dengan adanya bantuan mesin pemipil jagung diharap dapat menumbuhkan semangat bertani pada para petani kagung dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sini," pungkasnya.