Presiden RI Joko Widodo berniat memamerkan dan membagikan kemampuan Indonesia menangani pandemi virus corona (Covid-19). Rencananya ini menunjukkan capaian Indonesia itu pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2022.

Jokowi ingin dunia tahu kemampuan Indonesia menghadapi dua krisis akibat pandemi Covid-19. Ia bilang Indonesia mampu melewati krisis kesehatan dan ekonomi.

"Kita juga harus dapat memanfaatkan KTT G20 ini sebagai showcase mengenai kemampuan negara kita, Indonesia, dalam mengendalikan pandemi Covid-19," kata Jokowi di Nusa Dua, Bali, Jumat (8/10).

Jokowi menyebut Bali punya modal baik sebagai tuan rumah KTT G20. Ia menyampaikan 98 persen warga Bali sudah menerima vaksin Covid-19.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu seperti dikutip CNN Indonesia mengajak seluruh elemen masyarakat, terutama di Bali, untuk terus kompak menangani pandemi. Ia mengajak semua pihak menyukseskan KTT G20 tahun depan.

"Saya berharap kita, baik pemerintah pusat, daerah, dan masyarakat Bali, terus ikut bersama-sama mengendalikan pandemi Covid-19," tutur Jokowi.

Jokowi berkata Indonesia juga harus menunjukkan sejumlah kemajuan pada gelaran itu. Ia pun ingin keberagaman budaya Indonesia bisa dikenal dunia lewat KTT G20 2022.

Forum ekonomi internasional KTT G20 akan dilaksanakan di Bali pada 1 Desember 2021-30 November 2022. Akan ada 150 pertemuan pada kurun waktu itu. Sebanyak 500-5.800 delegasi diprediksi hadir pada setiap pertemuan.