Kelompok relawan Jokowi, Jokowi Mania (JoMan) mengkritik langkah kader PDIP, baik di parlemen maupun daerah yang ramai-ramai memasang baliho Puan Maharani.

Menurut JoMan, alih-alih memasang baliho Ketua DPR, lebih baik biasa pemasangan baliho-baliho tersebut disumbangkan ke warga.

"Elite PDIP akhirnya menyambut tantang JoMan, tapi persoalannya dalam kondisi pandemi ini etiskah seorang Ketua DPR dan elite-elite di PDIP melakukan hal semacam itu dan ini benar-benar kontraproduktif dengan situasi sekarang," kata Ketua Umum JoMan, Immanuel Ebenezer kepada wartawan.

Noel menilai pemasangan baliho Puan memakan biaya tinggi. Oleh sebab itu, ia menyarankan kader PDIP agar biaya pemasangan baliho itu disumbangkan untuk warga yang menjalani isolasi mandiri atau isoman.

"Karena kita lihat satu baliho atau pasang reklame di jalan-jalan itu pasti akan makan biaya tinggi dan saran kami lebih baik elite-elite di PDIP patungan gajinya buat mereka yang isoman yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan yang tidak memadai, saran kita sumbangkan saja uang mereka buat rakyat yang sedang kesusahan daripada pasang-pasang baliho," paparnya.

Noel ingin Puan dan kader PDIP memberikan perhatian kepada warga yang terdampak pandemi dibanding memasang baliho. Biaya baliho menurut Noel bisa dijadikan pula untuk paket sembako dan obat.

"Seharusnya sekelas Ketua DPR RI bisa menghadirkan keberpihakannya bukan menghadirkan baliho-baliho di tengah pandemi, lebih baik uang pasang balihonya dijadikan paket sembako atau beli obat buat rakyat yang sedang kesusahan," imbuhnya.