Satgas Nemangkawi berhasil menangkap anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Osimin Wenda alias Usimin Telenggen. Penangkapan berlangsung di Puncak Jaya, Kamis 22 Juli 2021.

Untuk diketahui, Osimin merupakan narapidana yang kabur dari Lapas Abepura pada 8 Januari 2016 lalu. Selama ini pelaku telah masuk ke daftar pencarian orang (DPO).

Melansir tribun.com, Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Papua, Kombes Faisal Ramdhani membenarkan penangkapan tersebut.

"Iya benar, telah dilakukan penangkapan di daerah wilayah Puncak Jaya pada (22/7/2021)," ujarnya kepada wartawan, Jumat (23/7/2021).

Ia ditangkap setelah Satgas Nemangkawi melakukan observasi selama 2 pekan terakhir.

Di sisi lain, Faizal menjelaskan, Anggota teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) Osimin Wenda alias Usimin Telenggen memang pernah terlibat dalam sejumlah aksi penembakan terhadap anggota TNI-Polri. 

Di antaranya, serangan kepada rombongan eks Kapolri Tito Karnavian pada 2012 yang saat itu masih menjabat sebagai Kapolda Papua. Aksi penembakan itu terjadi di Polsek Pirime. Dalam penyerangan itu, tiga anggota kepolisian meninggal dunia.