Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menyoroti serius perkembangan situasi pandemi Corona Virus Desease 2019 atau COVID-19 yang saat ini tengah menginfeksi Indonesia, Kamis (22/07/2021). 

WHO mendesak Indonesia untuk menerapkan penguncian lebih ketat dan lebih luas untuk memerangi lonjakan infeksi dan kematian COVID-19.

Dalam laporan situasi terbarunya, WHO mengatakan, penerapan ketat kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial sangat penting. Oleh karena itu, WHO menyerukan tindakan mendesak tambahan untuk mengatasi peningkatan tajam infeksi COVID-19.

“Indonesia saat ini menghadapi tingkat penularan yang sangat tinggi, dan ini menunjukkan pentingnya penerapan kesehatan masyarakat dan langkah-langkah sosial yang ketat, terutama pembatasan pergerakan, di seluruh negeri,” demikian kutipan laporan tersebut, seperti dilansir Reuters.

Sejauh ini, tingkat positif harian Indonesia, proporsi orang yang dites yang terinfeksi, rata-rata 30 persen selama seminggu terakhir. Menurut WHO, tingkat di atas 20 persen berarti penularan 'sangat tinggi'.

WHO menyebut, seluruh provinsi di Indonesia, kecuali Aceh, memiliki tingkat positif di atas 20 persen saat ini.