Saat pandemi COVID-19, kelompok masyarakat berduit, ternyata punya masalah sama dengan kalangan menengah ke bawah. Duit. Hanya saja, mereka masih punya aset yang bisa diuangkan. Tentu dengan harga yang sangat jatuh.

Menurut CEO of OLX Group Indonesia, Johnny Widodo, berdasarkan data internal, jumlah iklan mobil mewah bekas di atas Rp500 juta pada laman website OLX, masih normal sepanjang semester I-2021.

Walaupun, jumlah mobil mewah bekas yang diiklankan di OLX, sempat mengalami peningkatan 3% sampai 8% pada kuartal I-2021. Namun, sempat turun pada April dan Mei, kemudian naik lagi pada Juni 2021, sekitar 6%. "Sementara itu kalau dilihat dari jumlah user yang mengiklankan, hampir tiap bulan selama Semester I-2021 mengalami peningkatan. Khususnya pada bulan Juni 2021 naik 5%-10% pada periode Juni 2021, dibandingkan bulan sebelumnya," kata Johnny dikutip dari CNBC Indonesia, Rabu (21/7/2021).

Sementara dari data keseluruhan listing mobil bekas yang mau dijual pada periode Juni naik 9%-13% dibandingkan bulan sebelumnya, Mei 2021. Walaupun secara akumulasi semester I-2021 dibandingkan periode sama tahun sebelumnya tidak jauh berbeda.

Lantas apakah ada yang membeli pada masa sekarang? Johnny menjelaskan, industri otomotif termasuk pasar mobil bekas yang acapkali dipandang memiliki potensi untuk tumbuh. Seiring daya beli masyarakat yang meningkat. "Tapi dari riset kami tahun lalu ada peningkatan permintaan mobil bekas semenjak relaksasi PSBB 2020 tahun lalu sebesar 15%-20%," jelasnya.

Menurut dia, tren itu akan berlanjut seiring orang merasa lebih aman menggunakan mobil pribadi ketimbang kendaraan umum. Terlihat dari jumlah penggunaan mobil robadi pada kuartal I 2021 mencapai 41% dibandingkan masa sebelum pandemi hanya 33%, dari hasil riset OLX Autos.

Sebelumnya, pegiat otomotif, Munawar Chalil yang juga Editor In Chief Carvaganza, sering mendapati penawaran penjualan mobil mewah di grup komunitas dan media sosial.

Ia mencontohkan pengalamannya, ada yang menjual Mercy S Class, dari harga normal Rp500 juta, tapi bisa dilepas oleh penjual 'hanya' Rp 350 juta karena penjual butuh uang.

Ada juga yang menjual BMW 320i F30 Sport 2014 harga Rp355 juta. Jarak tempuh baru 29 ribu miles. Penjual mengklaim tidak pernah crash atau terkena banjir serta history service resmi lengkap. "Saatnya berburu dan investasi," celetuknya yang menekankan bahwa mobil-mobil Eropa saat ini banyak yang dibanting harganya.