Mantan gitaris grup band NOAH, Uki belum lama ini buka-bukaan mengenai alasan dirinya memilih keluar dari band yang telah membesarkan namanya tersebut.

Uki ternyata punya alasan yang cukup kuat untuk keluar dari NOAH pada 9 Agustus 2019. Semuanya tertuang pada sesi wawancara di YouTube Masjid Agung Al Azhar, belum lama ini.

Sebelum menyatakan diri resmi keluar dari grup band yang telah membesarkan namanya, Uki mendapat ujian rasa bimbang dan galau.

Pria yang kini berjanggut itu mengaku mulai berpikir untuk keluar seusai pulang umrah di tahun 2014.  Uki mengaku mulai berpikir apakah penghasilannya sebagai musisi itu halal.

Di saat proses pencarian jawaban, Uki akhirnya bertemu dengan Ustaz Syafiq Riza Basalamah. Diskusi keagamaan sering dilakukan Uki bersama Ustaz Riza Basalamah.
Uki mengaku banyak mendapat ilmu agama hingga akhirnya memutuskan hijrah.

Setelah menimbang dan berpikir tentang masa depan, Uki akhirnya membulatkan tekad untuk meninggalkan dunia musik. Dia memilih fokus menjadi seorang pedagang baju.

Uki mengatakan kebulatan tekad terjadi di malam pergantian tahun 2018. Saat itu, ia bersama NOAH manggung untuk satu acara tahun baru. Dan Uki mengaku menyaksikan pemandangan yang tak layak di malam tahun baru tersebut.

"Pemandangan manggung terakhir tahun baru aja. Dan di situ uda kaya wah kacau," ujarnya.

Dia mengaku melihat kemaksiatan semakin luar biasa di saat perayaan tahun baru. Uki  bahkan berpikir apakah menghibur di acara tersebut akan kebagian dosanya. Dia pun memikirkan bagaimana dengan banyaknya maksiat yang terjadi.

"Setelah itu mereka pada mabuk segala macem. Takutnya jadi dosa jariyah," kata Uki.

Selesai manggung, Uki langsung turun panggung dan memilih keluar dari hotel di Ancol.

"Wah ini ngaco nih. Jadi melihat hasil perbuatan kita semalem di panggung," ujarnya.

"Pada mabok di lantai semua. Yang perempuan juga wah.. Ga karuan lah. Susah dipertanggungjawabkan nanti,"  kata Uki.

Uki mengaku saat itulah dirinya terakhir manggung bersama grup band NOAH.