Lima anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang diamankan di Sinak, Kabupaten Puncak, masih diperiksa di Timika. Polda Papua menyelidiki peran kelimanya.

"Ada lima anggota KKB yang diamankan di Sinak oleh anggota TNI dan kini sudah berada di Timika untuk diperiksa lebih lanjut," ujar Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri di Jayapura, Kamis (15/7/2021).

Kapolda Papua mengatakan, kelima teroris KKB itu dijadwalkan akan diperiksa lebih lanjut untuk memastikan apakah terlibat dalam sejumlah aksi kekerasan bersenjata atau tidak.

Kelima orang itu akan dibawa ke Jayapura untuk diperiksa intensif. Ini sekaligus memudahkan penyidik mencocokkan dengan data yang dimiliki mengingat banyak sekali kasus penembakan dan penganiayaan yang menewaskan warga sipil di kawasan pegunungan.

"Biasanya setelah mereka melakukan aksi kriminal langsung melarikan diri ke berbagai tempat atau daerah di sekitarnya. Kelima anggota KKB yang diamankan itu tidak masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) dari kepolisian, " jelas Kapolda.

Kapolda mengakui meskipun tidak masuk DPO, tidak tertutup kemungkinan terkait kasus lain. Itu yang akan diteliti polisi, apakah ada keterkaitan dengan mereka atau tidak.

"Saya belum dapat laporan apakah mereka sudah tiba di Jayapura atau belum karena kasusnya ditangani Direktorat Kriminal Umum Polda Papua," ujar Kapolda.