Namun, Entitas Grup Sinarmas, Golden Energy and Resources Ltd, punya pandangan berbeda. Bisnis batubara bakal tetap mocer di masa depan. Melalui anak usahanya, yaitu Stanmore Resources Ltd, mengakuisisi perusahaan tambang batubara yang berlokasi di Queensland, Millennium and Mavis Downs Mine dari Peabody Energy Australia.

CEO Stanmore, Marcelo Matos mengatakan, akuisisi ini dilakukan melalui MetRes Pty Ltd, perusahaan patungan 50:50 antara Stanmore dengan M Resources. "Stanmore dan M Resources telah menyelesaikan akuisisi Millenium dan Mavis Downs Mine serta aset terkait dari Peabody Energy Australia. Kegiatan penambangan dijadwalkan akan dimulai Agustus 2021," kata Marcelo, dalam keterangan resmi yang dipublikasikan perusahaan, Rabu (14/7/2021).       

Dikutip dari CNBCIndonesia, Marcelo menambahkan, sebelumnya rencana akuisisi ini sudah diumumkan sejak 15 April 2021 lalu. Kedua pihak yang mengakuisisi akan melakukan pembayaran tunai di muka sebesar AUD1,25 juta ($0,97 juta) dan pembayaran royalti hingga AUD1,25 juta ($0,97 juta) kepada Peabody Energy Australia.

Sementara itu, Stanmore Coal berinvestasi hingga AUD30 juta ($23,24 juta) untuk perusahaan patungan tersebut.  Perseroan menargetkan, penambangan di tambang Millennium dan Mavis Downs akan memproduksi hingga satu juta ton per tahun (mtpa), tergantung pada ketersediaan rel dan kapasitas pelabuhan.

Tambang tersebut secara historis menghasilkan batubara kokas keras tingkat HCC64 dan batubara PCI dan akan menjadi pelengkap tambang Stanmore Coal yang ada. Dengan demikian, akuisisi tersebut akan menguntungkan bagi Stanmore Coal. Tak hanya itu, perusahaan juga sudah mendapat kontrak penambahangan yang dimulai pada Agustus ini yakni berupa kontrak logistik kereta api dan pelabuhan.