Kabar tentang lengsernya Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin kembali menguat usai kinerjanya dinilai kurang maksimal belakangan ini.

Hal tersebut terjadi ketika sebelumnya Wapres Ma’ruf Amin mencanangkan bangga wisata saat pandemi COVID-19, meski sudah diklarifikasi. Isu lengser itu dibarengi dengan munculnya calon kuat pengganti Ma’ruf Amin. 

Peneliti dari Indonesia Political Opinion (IPO) , Catur Nugroho mengatakan, Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto cocok menjadi suksesi Wapres Ma’ruf Amin.

“Mungkin Pak Prabowo bisa menjadi kandidat untuk menggantikan Pak Ma’ruf Amin jika beliau mengundurkan diri,” jelas Catur Nugroho kepada GenPI.co, Senin (05/07/2021).

Catur Nugroho sekaligus juga menganalisis kekuatan Prabowo yang akan mampu menjadi pendamping Presiden Jokowi. Menurut dia, keadaan tersebut bisa menjadi solusi di balik isu Jokowi tiga periode dengan Prabowo.

“Daripada isu tiga periode, kan,” jelasnya.

Kendati demikian, Catur Nugroho mengatakan bahwa Ma’ruf Amin memiliki hak untuk bertahan atau mundur. Sebab, kata dia, semua keputusan bisa tergantung dari kesanggupan Ma’ruf Amin sebagai Wapres.

“Namun, itu pun tergantung kesanggupan beliau. Kalau sanggup, ya, lanjut saja,” tandas Catur Nugroho.