Saat melakukan peninjauan vaksinasi COVID-19 di Rumah Susun Tanah Tinggi pada Senin, 14 Juni 2021,  Presiden Jokowi memberi instruksi khusus kepada Anies terkait penanganan dan pengendalian Covid-19.

Jokowi meminta Anies untuk menciptakan kekebalan komunal atau herd immunity di DKI pada Agustus nanti.

Untuk mencapai itu, Jokowi memberikan target agar hingga akhir Agustus nanti, 7,5 juta penduduk Jakarta telah divaksinasi.

“Saya juga tadi telah menyampaikan kepada Gubernur DKI untuk nanti di akhir Agustus, target 7,5 juta penduduk di Jakarta harus sudah tervaksinasi,” kata Jokowi.

“Ini memang target yang sangat ambisius. Tetapi mau tidak mau kita harus menuju ke sana untuk mencapai kekebalan komunal herd immunity,” ujarnya.

Menyoroti hal tersebut, politisi Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean mengatakan sebaiknya instruksi itu diberikan kepada Wakil Gubenur DKI Jakarta, Riza Patria saja.

Menurutnya Anies Baswedan tidak mampu bekerja sehingga percuma jika diberi instruksi.

“Pak Presiden, percuma dia dikasih instruksi, dia nggak bisa kerja!!” katanya melalui akun Twitter FerdinandHaean3 pada Senin, 14 Juni 2021.

“Mending suruh Wakilnya aja, masih lebih bisa diandalkan!” sambungnya.

Ferdinand lantas menyinggung soal langkah Anies terkait ketahanan pangan dan pengelolaan air bersih di Jakarta.

“Buktinya sok jauh-jauh ke Sumedang bicara ketahanan pangan. Pengelolaan air bersih Jakarta aja tinggal ambil alih dari Aetra dia tak mampu,” kata Ferdinand.