Unggahan akun resmi Twitter Badan Intelijen Negara (BIN), viral di media sosial pada Minggu (6/6/2021). Akun BIN tersebut mengunggah foto segelas susu lengkap dengan kotak kemasan di sampingnya. 

"Minum susu untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulangmu," tulis Twitter Badan Intelijen Negara (BIN), @binofficial_ri dalam twitnya.

Unggahan tersebut sepertinya biasa saja seperti halnya postingan normal pada umumnya. Namun tak pelak unggahan twitter tersebut mendapatkan respons dari warganet yang beragam hingga kemudian viral. 

Lantas, apa maksud dari unggahan BIN tersebut? Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto menjelaskan maksud postingan tersebut. Ia memastikan tak ada maksud dan tujuan tertentu.

"Tidak ada tendensi ke mana-mana kecuali hanya mengingatkan generasi muda agar tidak abai akan hal tersebut, agar bangsa kita jadi bangsa yang kuat," kata Wawan, kepada wartawan, Rabu (9/6/2021).

Wawan kemudian menjelaskan masalah antara satu negara dengan negara lain berbeda-beda. Unggahan foto susu di akun Twitter BIN memiliki tujuan untuk mengingatkan generasi muda Indonesia.

"Objeknya kan beda-beda antara satu negara dengan negara lain. Soal masalah minum susu adalah untuk mengingatkan generasi muda akan perlunya menjaga tulang agar tidak rentan patah, keropos atau kelainan pertumbuhan tulang akibat kekurangan vitamin D, kalsium dan fosfat," papar Wawan.

BIN mengingatkan agar masyarakat Indonesia jangan abai minum susu. Hari lagi-lagi mengatakan masalah antara satu negara dengan negara lain berbeda-beda.

"Saudara kita diingatkan agar tidak abai atau kurang memperhatikan atau juga karena masih ada kebutuhan prioritas lainnya, sehingga kurang memandang penting soal konsumsi susu. Jadi tidak bisa disamakan antara persoalan satu negara dengan negara lain," tutur Wawan.