Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan siap, jika diberikan amanah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengisi posisi jabatan Wakil Menteri Pendayaguanaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamen PANRB). Hal itu menyusul telah diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 47 Tahun 2021 terkait hal tersebut.

Adalah Anggota Komisi II DPR Fraksi PAN Guspardi Gaus yang meyakini Presiden Jokowi sudah memiliki analisa tersendiri terkait penambahan posisi wamen di Kemenpan-RB. Sosok wamen akan menjadi penguatan tugas dan aktif membantu Menteri dalam mengoordinasikan pencapaian kebijakan strategis di KemenPan-RB.

"Tapi harusnya memang analisisnya Pak Jokowi sendiri yang lebih tahu. Kalau memang itu dalam rangka mempercepat pembenahan, itu tentu harus jelas, apa tugas fungsi daripada wamen itu. Jadi enggak sekadar nama aja," kata Guspardi dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Rabu (9/6/2021).

Lebih lanjut, Guspardi menyebut partainya (PAN) siap mengisi posisi Wamen PANRB jika dipercaya untuk berkontribusi di dalam pemerintahan Jokowi. 

"Ya tentu kita dalam rangka membangun bangsa dan negara dan ikut bagaimana penataan pemerintah ini dilakukan secara profesional dan itu adalah merupakan harapan dan keinginan masyarakat. Kenapa tidak untuk memberikan kontribusi yang luar biasa terhadap hal itu," tutup anggota Baleg DPR RI tersebut.

Sebelumnya, dikutip Sindonews.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meneken Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 47 Tahun 2021 tentang Kemen PANRB. Dalam beleid yang ditandatangani pada 19 Mei 2021 itu, ada klausul baru yang ditambahkan yakni posisi Wakil Menteri PANRB atau Wamen PANRB.

"Dalam memimpin Kementerian PANRB, Menteri dapat dibantu oleh Wakil Menteri sesuai dengan penunjukkan Presiden," demikian isi Pasal 2 Perpres 47/2021 sebagaimana dilihat pada Jumat (4/6/2021).