Kunjungan tersebut bertepatan dengan perayaan Idulfitri pada 13 Mei 2021. "Saya tidak mudik, tapi saya bertolak ke Negeri Paman Sam bersama Menteri BUMN, Bapak Erick Thohir," ujar Nicke mengawali tulisannya di Instagram pribadinya, dikutip dari merdeka.com, Jakarta, Kamis (13/5/2021).      

Pada kesempatan tersebut, Nicke dan rombongan bertemu dengan beberapa perusahaan untuk menjalin kerja sama yang bertujuan untuk mengurang emisi karbon secara massive di Indonesia. "Apalagi, setelah jalan pagi dan menghirup udara segar di California, membuat saya berfikir sungguh nikmat apabila Indonesia memiliki udara yang segar dan jauh dari polusi," katanya

Ada banyak proyek yang ditandatangani dalam pertemuan tersebut. Pertama dengan Albemarle untuk proyek pembangunan pabrik katalis serta Air Products dan Bukit Asam, untuk proyek gasifikasi batu bara menjadi DME.

DME ini nantinya akan menjadi substitusi LPG serta pembangunan pabrik katalis dapat mensubstitusi katalis yang saat ini mayoritas masih impor. Selain itu, proyek ini juga sebagai penyerapan local resources mengingat Indonesia termasuk top 5 produsen batu bara di dunia.

Tidak berhenti sampai disitu, rombongan juga bertemu dengan Exxonmobil untuk menjajaki teknologi Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS) baik untuk mengurangi emisi karbon di proyek gasifikasi batubara maupun digunakan untuk meningkatkan produksi hulu migas melalui CO2 Enhance Oil and Gas Recovery.

Nicke melanjutkan, perjalanan ini sungguh berkesan untuknya, karena ini adalah perjalanan ke luar negeri pertama setelah lebih dari satu tahun masa pandemi. Berbagai pengalaman dilalui mulai dari baris-berbaris melalui karantina saat transit di Singapore. "Jalan pagi menyusuri taman-taman di California, mendapatkan suprise bunga dari random person saat Mother's day, sampai melakukan tes swab PCR yg harganya sampai 300 USD, tapi ternyata tidak sakit, so you get what you pay," tulisnya.

Terakhir, dia berharap bisa segera berlebaran dengan keluarga di rumah serta apa yang dikerjakan saat ini bermanfaat bagi negara. "Semoga saya bisa berlebaran dengan keluarga di rumah dan semua kerjasama ini dapat memberikan impact yang baik untuk kemajuan bangsa Indonesia," tandasnya.