Ada hal menggelitik nalar yang dirasakan Relawan Jokowi Mania (Joman) terkait sikap DPR RI dalam merespons desakan mundur Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi.

Ketua Relawan Joman, Immanuel Ebenezer (Noel) menyoroti respons anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid yang menganggap usulan Joman agar Mendag dicopot dari Kabinet Jokowi, sebagai bahan lelucon.

"Kenapa politisi Senayan selalu merespons soal Lutfi mundur?" tanya Noel, sapaan Immanuel, Selasa (11/05/2021).

DPR RI sendiri memiliki fungsi, salah satunya sebagai pengawas kinerja pemerintah. Namun fungsi tersebut seperti tak dijalankan dengan maksimal.

Namun melihat sikap Jazilul yang langsung gerak cepat membela Mendag, Noel menduga ada hal lain yang tak terungkap di balik pembelaan wakil rakyat terhadap pembantu presiden di kabinet.

"Apakah ini soal bisnis kuota daging dan bawang putih kali, ya? Kita lawan!" tegasnya.

Sebelumnya, Jazilul menilai usulan agar Mendag M. Lutfi dicopot karena memiliki dosa-dosa selama di kabinet Presiden Jokowi hanya sebatas lelucon

"Anggap lelucon saja, maju saja berat, apalagi mundur," kata Jazilul yang juga menjabat sebagai Waketum PKB.

Joman sendiri telah mengungkapkan pandangannya soal kinerja Mendag Lutfi. Noel menjabarkan, ada beberapa 'dosa' yang dilakukan Mendag, yakni soal promosi bipang ambawang, hingga kebijakan impor beras.