Menteri Sandi berencanakan koordinasi dengan sejumlah pihak, guna mengaktifkan kembali rute penerbangan ke wilayah Kota Sabang, Aceh. Dia bilang, dulu Bandara Maimun Saleh milik TNI Angkatan Udara di Sabang itu melayani jalur penerbangan dari Kualanamu, Sumatera Utara menuju Sabang, namun dalam beberapa tahun terakhir tidak lagi beroperasi. "Saya akan berkoordinasi agar rute Kualanamu-Sabang ini bisa dibuka kembali, tujuannya untuk membangkitkan pariwisata dan tentunya menghidupkan ekonomi kreatif kita," kata Menteri Sandi di Sabang, Sabtu (1/4/2021).

Penyataan itu disampaikan Menteri Sandi, saat berkunjung ke daerah Pulau Weh. Ia didampingi istrinya Nur Asia, para deputi Kemenparekraf serta anggota DPR, Illiza Saaduddin Djamal. Selain mengupayakan pembukaan rute penerbangan, Sandi juga akan menjaring investor, baik domestik maupun mancanegara guna menyokong pembangunan di Kota Sabang.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) untuk mengajak para investor menghadirkan beragam fasilitas dan usaha di kawasan Sabang. "Kuncinya adalah kita bisa menggerakkan kembali ekonomi, membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif kita, tentunya membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya dan seluas-luasnya," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Sabang Nazaruddin berharap kunjungan Sandiaga Uno ke Sabang dapat memberikan kontribusi besar terhadap pariwisata Sabang, khususnya lima pulau yakni Pulau Weh, Pulau Klah, Pulau Rondo, Pulau Rubiah dan Pulau Seulako. "Dengan kehadiran bapak kami mendapat nilai yang positif. Kami berharap agar rute penerbangan ke Sabang kembali dibuka," katanya.