Isu reshuffle atau perombakan kabinet pemerintahan Jokowi-Maruf Amin berhembus kencang dalam sepekan terakhir. Bahkan informasinya, 5 sampai 6 menteri belum satu kepala badan akan dirombak Jokowi.

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPR RI dari Fraksi PKS Mardani Ali Sera mengatakan siapapun yang dipilih Presiden harus betul-betul memiliki integritas yang bagus. Menurutnya, sekalipun Presiden merencanakan reshuffle, ia meminta agar tidak ada politik dagang sapi.

“Saya mengingatkan, jangan ada politik dagang sapi. Sosok yang memiliki komitmen, integritas, moralitas dan intelektualitas diperlukan. Ini harus jadi perhatian pak Jokowi,” kata Mardani Ali Sera, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/4/2021).

Ia berharap adanya wacana reshuffle ini menjadikan pemerintahan Jokowi semakin berkualitas dan serius mengatur urusan publik. Sebab, belum lama ini Presiden Jokowi pun telah melakukan reshuffle dalam beberapa bulan sebelumnya.

“Bila reshuffle benar terjadi, maka momen reshuffle ini terhitung hanya berjarak 4 bulan dari reshuffle lalu (Des ’20). Semoga dinamika itu menjadi pertanda keseriusan pemerintah dalam mengatur urusan publik,” kata Mardani.

“Jangan sampai reshuffle ini jadi ajang mengatur ulang peta politik semata,” ujarnya.