Tak sedang bercanda, ustaz kondang Yusuf Mansur yang biasanya rajin promosi saham BUMN, ikut meramaikan isu reshuffle kabinet. Tak main-main, sang ustaz berani langsung sebut nama.

Nama yang disebut Yusuf Mansur adalah Tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) Witjaksono. Kebetulan, Witjaksono dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) di tengah isu reshuffle kabinet yang santer belakanhan ini.

Sebagai pendukung Jokowi di Pilpres, 2019, Yusuf Mansur pun berharap, Witjaksono dilantik menjadi Menteri Investasi.  "Bismillaah... Mas Witjaksono... Menteri Investasi.... Aamiiin," tulis Yusuf Mansur di Instagram-nya @yusufmansurnew sembari mengunggah foto Witjaksono, dikutip dari RM.ID, Senin (19/4/2021).   

Tak berselang lama Yusuf Mansur kembali mengunggah sebuah foto. Kali ini foto Bahlil Lahaladia yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM). "Bisa jadi Menteri Investasi, Mas Bahlil... Mas Witjaksono Menteri UKM... Bisa jadi.... Met shalawat yaaa... Met doa-doa... Jelang maghrib. Qobul. Sisain doa terbaik buat bangsa dan negara... Alhamdulillaah...," tulisnya sebagai caption foto.

Witjaksono dipanggil Presiden Jokowi beberapa kali. Pertemuan tersebut berlangsung empat mata. "Sempet dipanggil, saya sudah beberapa kali diskusi dengan Pakde (Jokowi) sih. Saya sudah kenal sama Pakde sudah cukup lama, dari 2015," aku Witjaksono.   

Namun, dalam pertemuannya dengan Presiden Jokowi, Witjaksono menceritakan inti pembicaraan tak spesifik ngomongin jabatan.  "Kita membahas soal ekonomi sih. Saya kan memang pengusaha dan tokoh NU. Jadi memposisikan NU, ekonomi bagaimana, intinya begitu. Karena jalur saya memang pengusaha multinasional, jadi bicara investasi, bicara rencana perkembangan ekonomi di Indonesia," ungkapnya yang menegaskan reshuffle kabinet hak prerogatif Presiden Jokowi.

Siapa sebenarnya Witjaksono? Witjaksono adalah Ketua Umum Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (NU), badan otonom resmi organisasi berbasis massa Nahdliyin ini. Pria kelahiran Pati, November 1981 ini pengusaha muda Indonesia, yang memiliki puluhan perusahaan.

Namanya mencuat saat berhasil membawa dua perusahaan yang didirikannya Go Public, yakni PT.DPUM, Tbk dan PT.DAJK, Tbk. Pada saat sosialisasi Tax Amnexty di Jawa Tengah, Presiden Jokowi sempat menyebut nama Witjaksono bersama pengusaha-pengusaha besar Indonesia lainnya.

Sementara, Pengamat Politik M Qodari meluncurkan sejumlah pos menteri yang layak kena reshuffle. Khusus sektor ekonomi, performance Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dinilai kurang. Sehingga berpeluang untuk diisi wajah baru.

Informasinya, Syahrul digantikan sesama kader Partai Nasdem. Mencuat nama Muhammad Rapsel Ali, anggota DPR asal Partai NasDem yang juga menantu Wapres Kh Maruf Amin. Kabarnya, Rapsel sudah dipanggil Presiden Joko Widodo ke Istana. "Mungkin Rapsel Ali dipanggil, kebetulan matching dari Sulsel juga," ujar Qodari.