Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) angkat bicara soal kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Jozeph Paul Zhang, yang mengaku sebagai Nabi ke-26. Terlebih beredar kabar di media sosial Jozeph Paul Zhang merupakan seorang pendeta.

"Saya tidak tahu pasti. Pendeta itu jabatan gerejani, sementara dia tak jelas dari gereja mana?" kata Ketua PGI, Gomar Gultom saat dimintai konfirmasi, Minggu (18/4/2021).

Dalam video-videonya di YouTube, Jozeph Paul Zhang menuliskan dirinya sebagai Ps atau Pastor dan bergelar Mth (Master of Theology). Jozeph Paul Zhang juga kerap berbicara mengenai agama Kristen.

Soal heboh Jozeph Paul Zhang yang diduga menghina agama, Gomar Gultom, seperti dikutip detikcom meminta masyarakat untuk mengabaikannya. Gomar Gultom menilai pria tersebut tak perlu diberi perhatian.

"Menurut saya yang beginian ini tak usah diberi perhatian. Semakin ditanggapi dia akan semakin mendapat tenar di medsos, abaikan saja," tukas Gomar Gultom.

Seperti diketahui, Jozeph Paul Zhang mendadak viral di media sosial karena diduga menista agama dan Nabi Muhammad SAW.

Tak hanya itu, Jozeph Paul Zhang juga membuat sayembara, menantang warga untuk melaporkannya ke polisi karena mengaku sebagai nabi ke-26.

Atas aksinya itu, Jozeph dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh Husin Shahab, kemarin. Laporan itu teregister LP/B/0253/IV/2021/BARESKRIM tertanggal 17 April 2021.

Kini, Jozeph Paul Zhang pun tengah diburu polisi. Kabareskrim Komjen Agus Andrianto menyatakan pihaknya akan bergerak mencari keberadaan Jozeph Paul Zhang.

"Subdit 1 Dittipisiber akan melakukan monitoring dan bekerja sama dengan pihak Imigrasi untuk mengetahui keberadaan tersangka," ujar Komjen Agus saat dikonfirmasi.