Polda Jawa Tengah akan melakukan penyekatan di 14 titik untuk antisipasi pemudik dari luar Jateng. Rencananya, penyekatan akan dilakukan mulai, Senin, 12 April 2021.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, ke-14 titik posko tersebut berada di perbatasan masuk wilayah Jawa Tengah. Diantaranya, perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat di Cirebon kota, dan perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah yakni di wilayah kabupaten Rembang, Blora, karanganyar, dan Sragen.

"14 titik Posko ini, untuk mencegah masuknya kendaraan pemudik dari luar Jawa Tengah dan juga untuk memberikan keselamatan kepada masyarakat di Jawa Tengah dalam menjaga  kesehatan," ujar Kapolda dalam keterangannya.

Kapolda menambahkan, Polda Jateng akan memantau setiap kendaraan Plat nomor luar Jawa tengah hingga ke jalur jalur kecil yang kerap jadi alternatif pemudik.

"Kita tidak akan kecolongan dengan kendaran pemudik," tegasnya.

Dalam pengawalan larangan mudik 2021 ini, Polda Jateng akan menerjunkan kurang lebih 11.000 personil TNI-Polri untuk ditempatkan di titik jalur mudik tersebut.

"Hal ini kita terapkan, jangan sampai terjadi cluster baru di Jawa tengah, serta mengacu kepada aturan pemerintah, mengenai larangan mudik di hari raya nanti," katanya.