Bukan tanpa alasan, seorang Musni Umar berani menyoroti kebijakan pemerintah Presiden Jokowi tersebut. Pasalnya, menurut Musni, dirinya sudah mengetahui bahwa di pemerintahan Presiden Jokowi itu mempunyai utang yang sangat besar.

Hal itu disampaikan Musni melalui akun Twitter pribadinya, Sabtu (3/4/2021). Dia bilang, sempat bertemu politisi yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Badan Anggaran (Waka Banggar) DPR RI. Pada pertemuannya itu, politisi tersebut mengungkapkan kepada dirinya, bahwa saat ini utang Indonesia sudah tembus Rp10 ribu triliun. "Beberapa hari lalu saya bertemu seorg politisi yg pernah jadi Waka Banggar DPR RI, dia berkata: Utang Indo. sdh Rp 10.000 triliun," ujar Musni dikutip Sabtu (3/4/2021).

Musni lalu mengungkapkan, utang sebanyak Rp10 ribu triliun itu, berasal dari tiga bidang yakni pemerintah, BUMN, dan swasta. Dalam hal ini, utang pemerintah berada paling tinggi yakni mencapai Rp6.000 triliun. Sedangkan utang BUMN dan swasta masing-masing Rp2.000 triliun. "Perinciannya utang pemerintah Rp6.000 triliun, utang BUMN Rp2.000 triliun, utang swasta Rp2.000 triliun," ungkap Musni.

Lantas dari utang Indonesia yang begitu besar tersebut, membuat Musni menjadi berang. Ia pun kemudian menyindir pemerintah yang masih saja ingin memindahkan ibu kota negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan. "Utang sudah menggunung masih mau pindah ibukota negara," kata Musni.

Dikutip dari kompas,com, Jumat (2/4/2021),  Presiden Joko Widodo (Jokowi) memamerkan pradesain Istana Negara di Ibu Kota baru yang akan dibangun di Kalimantan Timur. Pradesain itu dibagikan presiden Jokowi melalui sebuah video yang dibagikan melalui akun Twitter @Jokowi."Salah satu usulan pradesain bangunan ikonik di ibu kota negara yang baru adalah Istana Negara karya Nyoman Nuarta," kata Jokowi.

Dalam video itu, terdapat bangunan Istana Negara yang dikelilingi oleh berbagai pepohonan hijau yang membuat lingkungan ibu kota baru terasa segar. Lingkungan Istana Negara baru juga dikelilingi sungai dan tempat terbuka hijau yang luas. Salah satu usulan pradesain bangunan ikonik di ibu kota negara yang baru adalah Istana Negara karya Nyoman Nuarta. 'Saya mengharapkan masukan dari Anda semua tentang pradesain. Saya mengharapkan Istana Negara ini jadi kebanggaan bangsa, sekaligus mencerminkan kemajuan bangsa," tulis Jokowi dalam akun twitternya.

Bangunan-bangunan yang mengelilingi Istana Negara di Ibu Kota baru juga terlihat modern dengan adanya trasportasi yang terintegrasi. Jokowi berharap Istana Negara ini jadi kebanggaan bangsa, sekaligus dapat mencerminkan kemajuan bangsa. Diharapkan, seluruh masyarakat dapat memberi masukan dari pradesain yang dipamerkan tersebut. "Dengan masukan-masukan itu nantinya, saya akan mengundang kembali para arsitek dan para ahli lainnya untuk melakukan pengkayaan pradesain menjadi basic desain Istana Negara," ucap Jokowi.

Rencana pembangunan ibu kota negara baru di Kalimantan Timur terus berjalan. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa menyampaikan, groundbreaking pembangunan ibu kota baru bakal dilakukan secepatnya.

Pembangunan ibu kota baru akan ditandai dengan peletakan batu pertama untuk Istana Kepresidenan yang baru. "Pokoknya nanti kalau sudah semuanya terpastikan, saya kira baru kita bicara soal kapannya itu, tetapi Insha Allah kita berharap tahun ini kita bisa meletakkan batu pertama, kita lakukan groundbreaking di ibu kota negara," kata Suharso.