Ada kabar baik untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pemerintah dalam waktu dekat akan meluncurkan stimulus untuk sektor UMKM sebesar Rp 400 miliar.

"Tanggal 20 bulan ini akan diluncurkan," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dikutip Minggu (4/4). Kendati demikian, ia tidak merinci dana tersebut akan digelontorkan dalam bentuk apa.

Selain stimulus sebesar Rp 400 miliar, Luhut mengatakan pemerintah juga akan mengucurkan dana Rp 2 triliun pada kisaran Juni-Juli 2021 untuk program Bangga Wisata Indonesia. 

"Ini saya pikir langkah-langkah pemerintah betul-betul proaktif untuk membangun ekonomi yang lebih kuat," kata dia.

Menurut Luhut, dukungan kepada UMKM dan produk lokal adalah pekerjaan besar pemerintah. Dengan demikian, Indonesia bisa mengurangi impor dari luar negeri. 

Selain itu, dengan membeli produk dalam negeri pun duit masyarakat bisa berputar di dalam negeri dan menciptakan lebih banyak lapangan kerja.

Untuk memperkuat UMKM, Luhut mendorong mereka untuk memanfaatkan teknologi digital. Ia mengatakan dalam satu rahun ini ada sekitar 4 juta UMKM yang masuk ke layanan daring. Dengan demikian, saat ini sudah ada sekitar 13 juta pelaku UMKM yang masuk digital.

"Kami menargetkan nanti ada 30 juta (pelaku UMKM) pada tahun 2023 (yang go digital)," kata Luhut dikutip Tempo.co.

Untuk itu, ia mengapresiasi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang getol mendorong UMKM masuk ke ekosistem digital, salah satunya dengan membuat platform e-commerce Jawa Barat.

"Salah satu dampak daripada covid-19 adalah akhirnya kita berkreasi untuk mencapai sesuatu untuk kita jangan monoton dalam melakukan bisnis kita dan ini UMKM adalah salah satu backbone dari perekonomian kita dan itu kita rasakan sekarang," ujar Luhut.