Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis survei nasionalnya yang memunculkan nama-nama calon presiden yang dinilai layak maju dalam pilpres 2024 mendatang. Nama Gubernur Jawa Tengah sangat berpeluang di Pilpres 2024.

Dalam surveinya yang digelar pada  28 Februari-8 Maret 2021 lalu, SMRC menemukan sikap pendukung atau pemilih Presiden Joko Widodo yang kemungkinan bisa beralih ke sosok Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

"Survei nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terbaru menunjukkan para pendukung setia Presiden Jokowi cenderung mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024," ujar Sirojudin dalam rilis yang disampaikan secara daring di Jakarta, Kamis (1/4).

Sirojudin menerangkan, pihaknya menemukan kecendrungan itu dari jawaban 1.064 responden yang terlibat di dalam surveinya.

Mulanya, para responden ditanya mengenai sosok capres yang dipilih, dan hasilnya nama Joko Widodo berada diurutan pertama Top of Mind dengan persentase 15,2 persen.

"Namun, mengingat Jokowi tidak akan maju kembali, penelitian ini berusaha juga mempelajari siapakah tokoh yang potensial akan dipilih para pendukung Jokowi ketika mereka hanya dapat memilih nama-nama tokoh capres tanpa menyertakan nama Jokowi," paparnya.

Menurut Abbas seperti dilansir rmol.id, elektabilitas sangat bergantung pada awareness (kedikenalan) masing-masing calon. Sehingga potensi elektablitas calon harus dianalisis secara lebih seksama. Sejauh ini setidaknya ada tujuh tokoh yang memiliki awareness di atas 50 persen.

Tujuh tokoh tersebut antara lain, Prabowo Subianto, Sandiaga Salahuddin Uno, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Agus Harimurthi Yudhoyono (AHY), dan Puan Maharani.

Adapun jika tingkat awareness ketujuh tokoh tersebut sama, Sirojudin menyebutkan dalam analisis SMRC ditemukan pemilih Jokowi di top of mind paling banyak pindah ke Ganjar Pranowo sebesar 18,4 persen.

"Diikuti Anies Baswedan 15,2 persen, Ridwan Kamil 13,1 persen. Sedangkan Prabowo hanya mendapat 9.2 persen dari pemilih Jokowi," beber Sirojudin.

"Ini menunjukkan bahwa capres yang paling banyak didukung pencinta Jokowi adalah Ganjar,” sambungnya.

Di sisi lain, survei SMRC ini juga menunjukkan bahwa pemilih yang puas dengan kinerja Presiden Jokowi lebih banyak mendukung Ganjar. Sementara pemilih yang tidak puas dengan kinerja Presiden Jokowi lebih banyak mendukung Anies Baswedan.

Dalam survei ini, SMRC memilih responden dengan metode random sampling atau responden acak, dan diwawancara secara tatap muka.

Adapun untuk margin of error suvei ini berada dikisaran angka 3,07 persen.