PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) bekerja sama dengan 9 BUMN Karya untuk memanfaatkan pasokan listrik untuk bisa digunakan semaksimal mungkin. Termasuk juga kerja sama untuk memasifkan pengadaan 1 juta kompor induksi.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menjelaskan, saat ini pemerintah punya program rumah untuk masyarakat yang melibatkan 9 BUMN. Nantinya, ketika rumah-rumah ini sudah jadi, maka bisa langsung bundling dengan penggunaan kompor listrik.

"Ini momentum baik mendorong ketahanan energi nasional untuk menyerap reserve margin listrik nasional sebesar 50 persen. Untuk masyarakat beralih ke kompor listrik. Melalui kerja sama ini maka bisa menjadi jalan tengah untuk masuk ke masyarakat," ujar Zulkifli dalam konferensi pers di Kementerian BUMN, Rabu (31/3).

Zulkifli berharap, dengan kesepakatan dengan para BUMN Karya ini, maka program konversi kompor ini bisa berjalan dengan cepat. Apalagi PLN punya target realisasi konversi kompor induksi sebanyak 1 juta di tahun ini.

"Dengan kesepakatan tersebut untuk mendorong kompor induski yang akan dibangun yang bisa juga bisa langsung mengkonversi kompor ini. Ini semoga bisa didukung penuh dengan MoU yang disepakati," ujar Zulkifli.