Presiden Amerika Serikat Joe Biden menggelar konferensi pers di Gedung Putih pada Kamis (25/03/2021). Ini merupakan konferensi pers perdananya setelah resmi menjabat sebagai orang nomor satu di Paman Sam.

Dikutip dari Reuters, Jumat (26/03/2021), Biden menyatakan dirinya berencana mencalonkan diri sebagai calon presiden dalam Pemilu 2024 mendatang.

Biden menjadi presiden tertua dalam sejarah kepemimpinan AS. Politisi Partai Demokrat itu menjabat di usia ke-78 tahun.

Sebelumnya, sempat muncul berbagai spekulasi jika Biden hanya akan menjabat satu periode. Tetapi dengan pernyataan sekarang, spekulasi itu terpecahkan.

Biden resmi dilantik sebagai Presiden AS pada 20 Januari lalu. Biden diambil sumpah oleh Hakim Mahkamah Agung AS John Roberts di atas Alkitab di gedung Kongres US Capitol.

Dalam Pemilu AS pada 3 November 2020, Biden mengalahkan Donald Trump. Dia mendapat 306 suara elektoral dan Trump 232 suara. Selain menang suara elektoral, Biden juga menang suara populer.

Sebelum maju sebagai kandidat presiden AS, pemilik nama lengkap Joseph Robinette Biden ini pernah menjabat posisi wakil presiden saat mendampingi Barack Obama selama 8 tahun (2009-2017).

Joe Biden lahir pada 20 November 1942 di Kota Scranton, Pennsylvania. Dia dibesarkan oleh keluarga penganut Katolik Irlandia, dari ayah seorang penjual mobil.

Saat kota itu mengalami masa sulit pada 1950-an, ayah Joe Biden kehilangan pekerjaan. Dia lalu memboyong keluarganya pindah ke Delaware, saat itu Biden berusia 10 tahun.

Biden muda pernah bertugas sebagai penjaga pantai di lingkungan mayoritas berkulit hitam. Dia menempuh pendidikan di Universitas Delaware dan Sekolah Hukum Universitas Syracuse. Saat berusia 29 tahun, Biden terpilih sebagai anggota termuda dalam senat Amerika Serikat. 

Sepekan setelah terpilih, Biden dihinggapi berita duka, istrinya Neilia Hunter dan anak perempuannya, Naomi, meninggal dunia dalam kecelakaan mobil. Sedangkan anak laki-lakinya menderita luka sangat parah. 

Biden dilantik sebagai anggota Senat Amerika Serikat di samping tempat tidur anak-anaknya. Dia memulai aktivitasnya sebagai senator dengan berangkat ke Washington menggunakan kereta api. Pada 1977, dia menikah dengan Jill Jacobs, seorang dosen di Washington DC. Jill dan Biden memiliki seorang anak yaitu Ashley.

Perjalanan karier politik Joe Biden Selama 36 tahun menjadi senator asal Delaware, dia sebagai sosok yang penting, baik di dalam negeri maupun internasional. Sebagai ketua atau anggota Komite Kehakiman Senat selama 17 tahun, Biden secara luas diakui kehebatannya pada isu peradilan pidana termasuk dalam kasus The Landmark 1994 Crime Bill dan kekerasan terhadap perempuan. 

Sebagai ketua atau anggota Komite Hubungan Luar Negeri sejak 1997, Biden memainkan peran penting dalam membentuk kebijakan luar negeri AS. Dia berada di garis depan isu dan regulasi terkait terorisme, senjata pemusnah massal, pasca-Perang Dingin Eropa, Timur Tengah, dan Asia Barat Daya. 

Berbekal pengalaman politiknya sebagai senat maupun wakil presiden, Biden maju sebagai capres dari Partai Demokrat dalam Pilpres AS 2020 berhadapan dengan petahana Donald Trump dari Partai Republik.