Pengamat politik Universitas Al-Azhar, Ujang Komarudin menilai Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, sedang menjajal respons publik lewat wacana, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming maju dalam Pilkada DKI Jakarta.

"Saya melihatnya Cak Imin sedang testing the water, sedang cek ombak. Ingin melihat dan mengetahui respons publik terkait Gibran dalam menuju kursi DKI-1," kata Ujang.

Dikatakan, pernyataan pria yang akrab disapa Cak Imin merupakan indikasi bahwa Gibran tengah dipersiapkan untuk menuju Pilbub DKI. Menurutnya seperti dikutip detikcom, Cak Imin mengetahui arah pencalonan Gibran.

"Ini bentuk indikasi bahwa bisa saja Gibran sedang disiapkan untuk maju di Pilgub DKI Jakarta tahun 2024. Tak ada asap jika tak ada api, tak ada pernyataan dari Cak Imin, jika tak ada arah pencalonan Gibran di 2024 nanti," kata Ujang.

"Cak Imin politisi berpengalaman. Dia sudah tahu arah angin berembus ke mana," sambungnya.

Ujang menilai, Gibran memiliki peluang besar untuk diajukan menjadi calon gubernur (Cagub) DKI. Menurut Ujang, salah satunya karena Gibran merupakan putera dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Secara politik peluang Gibran besar tuk bisa diajukan menjadi cagub DKI Jakarta nanti. Selain dia saat ini wali kota Solo, ayahnya Presiden, dan di saat yang sama Anies jabatannya telah berakhir di 2022. Jadi kans Gibran maju di Pilgub 2024 sangat besar," katanya.

Diketahui, Cak Imin memberikan tanggapan soal wacana Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming yang digadang-gadang maju dalam Pilkada DKI Jakarta.

"Sukses dahulu di Solo, kemudian bisa ke mana pun. Insyaallah, Mas Gibran pemimpin masa depan yang sukses di Solo akan membawa kemajuan ke mana-mana. Pasti saya mendukung," kata Muhaimin Iskandar, saat berkunjung ke Rumah Dinas Wali Kota Surakarta Loji Gandrung Solo, Rabu (24/03/2021) lalu.

Cak Imin berharap Gibran Rakabuming Raka untuk bersemangat membenahi Kota Solo. "Kami semua akan mendoakan, mendukung, dan menyukseskan Solo yang maju," katanya.

Mengenai pesan khusus kepada Gibran, Ia berharap putra pertama Jokowi ini bisa menjadi teladan bagi para kepala daerah yang lain. "Kami juga menitipkan NU (Nahdlatul Ulama) dan PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) di sini supaya tumbuh," katanya.

Cak Imin juga mengaku pertemuannya dengan Gibran untuk bersilaturahmi sekaligus mengucapkan selamat atas terpilih dan dilantiknya suami Selvi Ananda itu sebagai Wali Kota Solo.

"Saya silaturahmi untuk menyampaikan selamat sejak terpilih belum ketemu. Sejak terpilih baru hari ini bisa menyampaikan ucapan selamat. Alhamdulillah Pak wali kota sudah sangat bersemangat membenahi kota Solo," kata dia.

"Dan kami semua akan mendoakan mendukung dan mensukseskan Solo yang maju," sambung dia.