Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan menandaskan laga uji coba Timnas U-23 ditunda bukan dibatalkan.  Hal ini karena berkaitan dengan izin yang untuk mengeluarkannya membutuhkan proses dan laga uji coba ini akan digelar 5 dan 7 Maret yang diikuti oleh tiga tim.

"Kami sampaikan pertandingan bukan dibatalkan tapi ditunda," kata Ramadhan dalam jumpa pers di Gedung Divisi Humas Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Ramadhan menerangkan, surat izin keramaian yang diajukan PSSI kepada Mabes Polri baru diterima 2 Maret, padahal PSSI menginginkan pertandingan itu digelar 3 Maret atau Rabu malam kemarin.

Ramadhan menyatakan Polri membutuhkan proses untuk sampai mengeluarkan izin keramaian.

"Surat yang masuk perlu proses, Polri punya mekanisme dalam mengeluarkan izin, melakukan kajian yang lebih dalam dari sisi keamanan dan lain-lain," kata Ramadhan.

Ramadhan mengatakan sesuai aturan, surat izin keramaian mesti diajukan satu pekan sebelum kegiatan dilaksanakan. "Kami sampaikan bukan batal, tapi tunda," tandasnya.

Mengenai pertandingan tersebut, Ramadhan menyatakan Mabes Polri berkoordinasi dengan PSSI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kempora) untuk tetap menggelar pertandingan uji coba pada 5 Maret 2021.

Laga uji coba itu terdiri atas dua kali pertandingan. Pertandingan pertama dilangsungkan Jumat besok dan laga kedua digelar dua hari kemudian pada Minggu 7 Maret, di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Pertandingan uji coba ini tadinya akan diikuti beberapa tim, namun akhirnya diikuti tiga tim. Pertandingan pertama 5 Maret antara Timnas SEA Games 2021 melawan Persikabo, sedangkan laga timnas melawan Bali United dua hari kemudian pada 7 Maret, dengan waktu pertandingan pukul 19.00 WIB.

"Bahwa laga yang awalnya diikuti beberapa tim, diikuti fun game, tapi hasil koordinasi terakhir PSSI dan Mabes Polri pertandingan diikuti tiga tim, pelaksanaan dua hari," kata Ramadhan.

PSSI sedianya mengatur laga uji coba antara Timnas U-23 melawan sejumlah klub sepakbola di Indonesia sebagai salah satu persiapan menjelang SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam.