Setiap mamsuki musim penghujan, Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan selalu mendapat kritik pedas dari berbagai pihak terkait penanganan banjir. Kritik tersebut salah satunya datang dari Plt Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Giring Ganesha 

Giring mengatakan, banjir di Jakarta masih saja terjadi karena Anies Gubernur tidak punya rencana jelas untuk mengatasinya. Hal itu diungkapkannya di akun istagram pribadinya @giring yang dikutip bizlaw, Selasa (23/02/2021). 

"Mas Gubernur @aniesbaswedan jangan cuma melempar kesalahan pada curah hujan dan banjir kiriman. Pada banjir kemarin, status pintu air di Bogor dan Depok normal. Artinya banjir terjadi karena Mas Gubernur Anies tidak punya rencana dan cara yang jelas untuk mengatasinya," tulis Giring mengawali kritiknya.

"Selama tiga tahun terakhir Mas Anies tidak pernah serius mengatasi banjir selain itu Mas Anies terbukti tidak punya kapabilitas mengelola Jakarta. Naturalisasi sungai yang selalu digembar-gemborkan Mas Anies terbukti cuma konsep di atas kertas, tidak dikerjakan di lapangan sementara normalisasi sungai dihapuskan," lanjut Giring.

Giring juga menyebut tidak melihat upaya dari pihak Gubernur Anies untuk mengeruk sungai dan upaya antisipasi lainnya sebelum banjir datang.

"Selain itu, menjelang musim hujan, tidak terlihat ada upaya untuk mengeruk sungai, membersihkan saluran air, dan mengecek pompa. Ketika tindakan-tindakan itu tidak dilakukan, mustahil Jakarta bebas dari banjir. Padahal anggaran DKI Jakarta lebih dari cukup untuk membiayai itu semua," lanjutnya lagi.

Kritikan panjang itu pun mengundang reaksi mantan Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo atau Pasha Ungu. Dia pun terang-terangan membela Anies dan menyindir Giring Ganesha. Menurut Ketua DPP PAN itu, kritik yang disampaikan Giring terlalu naif dan kerdil.

"Saudaraku bro @giring yang terhormat. saya izin komen di laman pa Plt.ketum psi. judgement bro ketum terkait kapabilitas pa gub @aniesbaswedan yang bro anggap tidak mampu mengelola Jakarta saya kira terlalu naif dan kerdil. Mengelola Jakarta tidak semudah bro mengkritik di medsos," kata Pasha dalam kolom komentar.

Pasha menyebut Giring tidak punya kapasitas untuk menilai kapabilitas Anies sebagai kepala daerah. Ia lantas menanyakan pengalaman Giring dalam memimpin suatu daerah.

"Apakah bro Giring sudah pernah teruji mengelola sebuah kota/daerah atau bahkan kelurahan? Mohon maaf kalau saya keliru berpendapat bro ketum.. Salam millenial! Hidup PSI! Salam hormat saya -pasha- ketua DPP PAN," tulis Pasha.