Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Istiono meninjau langsung kondisi exit tol Bitung yang sudah dua hari ini ditutup karena adanya genangan air yang cukup tinggi. Sehingga kendaraan yang hendak keluar di exit tol Bitung dialihkan ke exit Cikupa, Senin 22/2/2021.

Didampingi Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Kushariyanto, Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksawan, Ka Denwal PJR Korlantas Polri Kombes Pol Juni, Ka Induk PJR Bitung Kompol Adri serta dari Ditjen Bina Marga dan Jasa Marga, Kakorlantas menaiki mobil derek untuk memastikan langsung ketinggian air.

“Saya sengaja meninjau exit tol Bitung yang sudah dua hari ini tergenang air. Biasanya kan kalau di tol tergenang air ini cepat surut. Ternyata disini ini ada kendala dan harus dikelola secara maksimal,” kata Kakorlantas.

Kakorlantas juga mengapresiasi kebersamaan Jasa Marga dengan Polri dalam mengelola sirkulasi arus lalu lintas di exit tol Bitung ini.

“Untuk mobilisasi kendaraan terus terkendali. Memang ada dampak yakni terjadi antrian, karena jalan ke arah Bitung ini terhambat dan sudah kita alihkan ke exit tol Cikupa,” sambung Kakorlantas.

Kakorlantas menambahkan bahwa dalam beberapa hari ke depan BMKG meramalkan pada tanggal 24 besok akan terjadi hujan deras.

“Harapan kita, karena cuaca hujan mungkin ke depan genangan air tidak segini. Kita juga tetap waspada di titik titik tertentu, tidak hanya disini saja, di titik jalan tol lain juga harus kita waspadai,” imbuh Kakorlantas

Kakorlantas memprediksi bahwa genangan air di exit tol Bitung ini akan terselesaikan satu-dua hari kedepan. Karena genangan air terus dikelola dengan menyedotnya untuk memaksimalkan pengurangannya.

“Kalau nanti malam hujan lagi ya agak susah. Namun kita perkirakan kalau tidak ada hujan mungkin satu dua hari selesai,” pungkas Kakorlantas.