Ada analisa politik dari Refly Harun. Ahli hukum tata negara ini menduga Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah ditetapkan sebagai wali kota Solo terpilih, akan didorong untuk menjadi calon gubernur Jawa Tengah, jika Pilkada Jawa Tengah digelar 2023.

Saat ini, kata Refly, pelaksanaan Pilkada 2022 dan Pilkada 2023 yang kini tengah jadi polemik, juga terkait banyak hal. Banyak yang punya kepentingan. Presiden Jokowi pun dia sebut punya kepentingan. Refly mengatakan, pada 2023 akan ada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah.

"Saya membayangkan bahwa nanti Gibran Rakabuming akan didorong untuk menjadi calon gubernur. Now or never. Karena, kalau tidak di 2023, mungkin tidak akan ada Gibran Rakabumacaing dalam pemilihan gubernur (Jawa Tengah)," jelas Refly, dikutip, Selasa (26/1/2021) dari video berjudul 'SSST! PENDUKUNG ANIES, 2022 TETAP BAKAL ADA PILKADA!!' yang tayang di Channel YouTube Refly Harun.

Peluang Gibran untuk maju Pilkada Jawa Tengah 2023 terbuka lantaran Ganjar Pranowo tidak akan maju lagi sebagai calon gubernur. Sebab, dikutip Sindonews, Ganjar saat ini tengah menjalani periode kedua sebagai orang nomor satu di Jawa Tengah.

"Peluang Gibran adalah di 2023 kalau ingin maju sebagai calon gubernur Jawa Tengah. Dan kebetulan Ganjar Pranowo sudah dua periode dan tidak akan lagi menjadi calon gubernur," ujar Refly.

Gibran Sudah Ukur Baju Dinas Wali Kota

Gibran Rakabuming Raka telah selesai mengukur baju seragam warna putih untuk pelantikan Wali Kota Solo. Pengukuran baju dilakukan tidak lama setelah Gibran resmi ditetapkan KPU Solo sebagai pemenang Pilwalkot Solo.

"Jelang pelantikan tidak ada persiapan khusus. Pakaian seragam kan sudah diurus sama bagian umum Pemkot Solo. Saya sudah ukur baju seragam pelantikan," ujar Gibran usai menghadiri rapat paripurna di DPRD Solo, Jawa Tengah, Senin (25/1).

Sambil menunggu waktu pelantikan, Gibran tetap melakukan kegiatan sosial dan kemanusiaan dengan membagikan bantuan paket sembako pada warga yang menjalani isolasi mandiri karena positif COVID-19.

Selain itu, Gibran juga melakukan pertemuan tertutup pada tokoh masyarakat berpengaruh di Solo untuk bekerja sama membantu pemulihan ekonomi.

"Yang jelas tokoh itu orang berpengaruh, kita ajak bersama pulihkan ekonomi di Solo. Paling penting vaksinasi dan pemulihan ekonomi jadi fokus utama pada awal pemerintahan," ucap dia.

Jokowi Tak Datang Saat Pelantikan 

Disinggung soal kehadiran Presiden Jokowi dan Ibu Negara pada saat pelantikan Wali Kota Solo, Gibran menegaskan kedua orang tuanya tidak hadir.

"Bapak (Jokowi) tidak datang saat pelantikan nanti," tutup dia.