KPU Kota Solo bakal menggelar penetapan Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa sebagai pemenang pilkada pada 21 Januari besok. Selanjutnya, pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo rencananya bakal digelar Februari.

Menjelang pelantikan, Polresta Solo akan melakukan patroli cyber dengan melakukan pengawasan di media sosial. Patroli itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya unggahan dengan materi mengandung hoax atau ujaran kebencian.

"Kami bersikap tegas terhadap unsur-unsur provokasi dan berita hoax yang beredar di dunia maya dengan menindak sesuai hukum yang berlaku," kata Kepala Polresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, Senin (18/01).

Menurutnya, polisi akan memastikan situasi di Kota Solo selalu kondusif menjelang penetapan pemenang pilkada maupun pelantikan kepala daerah. Dikutip Kumparan.com, Ade berharap semua lapisan masyarakat bisa menahan diri dan menghormati semua proses pesta demokrasi itu.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo memastikan tidak ada gugatan terkait hasil pilkada di kota itu. Mereka akan menetapkan Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa sebagai pemenangnya pada 21 Januari besok.

Pilkada yang digelar di Kota Solo 9 Desember lalu dimenangkan oleh pasangan Gibran-Teguh yang unggul cukup telak. Gibran-Teguh memperoleh kemenangan hingga 86,5 persen dalam pemilihan. Rivalnya, Bagyo Wahyono-FX Supardjo hanya mendapat 13,5 persen dari suara sah dalam pemilihan.