Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma direncanakan hadir dalam acara Gerakan Cinta Ciliwung Bersih yang digelar PDIP untuk menyambut ulang tahun ke-48 partai tersebut, Minggu, 10 Januari 2020.

Kepala Sekretariat DPP PDIP Aryo Adhi Dharmo mengatakan pengurus pusat partai ikut hadir dan tersebar di berbagai lokasi.

"Untuk wilayah DKI Jakarta dilaksanakan pada empat kelurahan yang dihadiri oleh Tri Rismaharini, Ribka Tjiptaning, Ahmad Basarah, dan Nusyirwan Soejono," kata dia.

Untuk wilayah Kota Bogor dilaksanakan di dua kelurahan yang dihadiri Komarudin Watubun dan Bambang Wuryanto. Untuk Kabupaten Tangerang di Kelurahan Dadap dihadiri oleh Yasonna H Laoly.

"Selanjutnya untuk Kota Depok digelar di enam kelurahan yang diikuti oleh Wiryanti Sukamdani, Arif Wibowo, Sukur Nababan, Sri Rahayu, Utut Adianto dan Djarot Saiful Hidayat," kata Adhi dikutip Tempo.co.

Sedangkan untuk Kabupaten Bogor akan dilaksanakan di beberapa desa dihadiri oleh Mindo Sianipar, Rudyanto Tjen, Rokhmin Dahuri, Sadarestuwati, dan Eriko Sutarduga.

PDI Perjuangan menggelar gerakan penghijauan dan gerakan membersihkan sungai yang dipusatkan di Sungai Ciliwung dengan tema Cinta Ciliwung Bersih sebagai salah satu bentuk peringatan HUT Ke-48 dan atas kesadaran terhadap kelestarian lingkungan.

Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri memilih bunga lotus sebagai logo gerakan cinta Ciliwung bersih oleh partai tersebut.

"Ibu Megawati memilih bunga lotus sebagai logo gerakan penghijauan ini. Apa maksudnya dibalik pemilihan itu, besok (Minggu pagi) akan dijelaskan oleh Ibu Megawati," kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, di Jakarta, Sabtu, 9 Januari 2020.

Kegiatan diawali dengan pidato Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri. Selanjutnya, Sekjen PDI Perjuangan bersama pengurus DPP dan pengurus partai sepanjang daerah aliran Sungai Ciliwung akan melakukan penanaman pohon dan membersihkan sungai secara serentak di sejumlah wilayah.

Menurut Hasto, peringatan ulang tahun PDI Perjuangan juga bertepatan dengan Hari Menanam Sejuta Pohon Sedunia.

"Ibu ketua umum selalu mengingatkan agar kita harus memiliki kesadaran terhadap lingkungan," ucapnya.