Pendiri Partai Ummat, Amien Rais kembali mengkritik Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dinilainya memiliki banyak kekurangan dalam menjalankan roda pemerintahan. Kritikan tersebut ia sampaikan dalam sebuah video yang diunggah di kanal YouTube Amien Rais Official.

Menurut Amien, saat ini Jokowi sedang dalam masa sulit karena setiap langkahnya selalu dibisikki oleh orang-orang yang menjerumuskan.

"Saya mengingatkan kepada Anda, sesungguhnya Anda punya dua ujian yang mungkin buat Anda sangat berat, mengingat konteks perpolitikan sekarang ini. Anda dikerumuni oleh para perubung yang selalu memberikan informasi menurut saya kemungkinan memang tidak benar," ujar Amien Rais.

Dalam catatannya, Amien Rais menyebut ada dua ujian berat yang harus segera dituntaskan oleh Jokowi.

Pertama, Amien Rais ingin Presiden memberikan keadilan agar tidak melukai hati rakyat, khususnya ummat Islam. Sebab menurutnya, kejahatan Hak Asasi Manusia (HAM) yang sangat besar atas lenyapnya 6 anak muda anggota laskar FPI itu harus dipecahkan tuntas.

Amien menilai, kasus tersebut sudah menjadi pengetahuan masyarakat nasional dan masyarakat internasional.

Kedua, soal investigasi Majalah TEMPO dan media massa lain yang sudah mengekspose korupsi Bansos yang begitu besar yakni mencapai trilyunan rupiah. Bansos yang dijadikan bancakan dan diduga menyeret putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka itu, harus pula segera diselesaikan.

Dia menambahkan, apabila Jokowi menggunakan wewenangnya maka kasus-kasus tersebut akan segera terselesaikan.

"Pak Jokowi you know what to do, jadi ini ujian Anda yang pertama, memang cukup berat. Tapi enteng kalau Anda menggunakan wewenang yang memang tegas dan lainnya," imbuhnya.

Amien Rais dalam videonya memang tidak sepenuhnya menyalahkan Jokowi, karena dirinya tahu bahwa presiden saat ini dikelilingi oleh orang-orang yang selalu ingin memperdayanya.

"Tapi kita pun juga menyadari, Anda dikepung oleh 'siluman-siluman kecil', maupun oleh 'siluman besar' yang lebih berdaulat lagi," ujarnya.

Adapun soal kabar Gibran yang diduga terlibat korupsi dana Bansos, Amien Rais berharap agar Jokowi bisa menyelesaikannya dengan segera.

"Jadi Pak Jokowi, saya minta Anda tinggal menyuruh Gibran, secepat mungkin ke KPK dan bawa bukti-bukti anda tidak terserempet gitu, biar nanti omongan Gibran disandingkan dengan temuan-temuan KPK," sambungnya.

Sebab menurutnya, jika memang Gibran bersih maka masalah selesai. Sedangkan jika tidak, resiko yang ditanggung oleh Jokowi akan sangat berat.