Istana Kepresidenan menjawab rasa penasaran netizen perihal calon pengganti Edhy Prabowo, yang mundur dari jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) pasca-tersangkut kasus dugaan korupsi ekspor benih lobster.

Nama Susi Pudjiastuti dan Sandiaga Uno menguat? Saat ini, kursi Menteri KKP diisi oleh Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut yang masih berstatus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk menjadi Menteri KKP Ad Interim.

Nah, pertanyaannya siapa yang akan dipilih Jokowi untuk menggantikan Edhy Prabowo?

"Tunggu saatnya. Jawabannya tunggu saatnya," kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, seperti dikutip Rabu (2/12/2020).

Moeldoko lantas buka suara perihal munculnya berbagai nama yang beredar untuk mengisi posisi menteri KKP. Namun, Moeldoko masih menutup rapat misteri calon pengganti Edhy Prabowo.

"Hak-nya masyarakat untuk berspekulasi," jelasnya dikutip CNBCIndonesia.

Edhy Prabowo telah resmi ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan ekspor benih lobster. Buntut dari kasus tersebut, Edhy kemudian mengundurkan diri dari jabatannya sebagai anggota menteri Kabinet Indonesia Maju.

Susi atau Sandiaga?

Pasca-kasus Edhy Prabowo mencuat, sejumlah nama secara silih berganti mulai diisukan akan menempati posisi menteri KKP. Salah satunya, adalah eks menteri KKP di periode pemerintahan pertama Jokowi, Susi Pudjiastuti.

Nama Susi Pudjiastuti tiba-tiba menjadi ramai diperbincangkan pasca penangkapan Edhy Prabowo di Bandara Soekarno Hatta. Tagar #bringbackBuSusi kemudian viral di media sosial.

Namun, Susi Pudjiastuti bukan satu-satunya nama yang diisukan akan menggantikan Edhy Prabowo. Namun, kebijakan Susi yang melarang ekspor benih lobster akan berbenturan dengan banyak menteri di kabinet. Masuknya Susi bakal membuat suasana rapat kabinet kembali panas

Selain Susi, ada sejumlah nama potensial untuk menjadi menteri KKP. Adalah Sandiaga Uno, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra menjadi nama terkuat dari partai untuk menggantikan posisi Edhy Prabowo. Di tengah isu ini, eks Wakil Gubernur DKI Jakarta itu justru malah seolah memberikan sinyal.

Pada awal pekan ini, Sandiaga melalui laman Instagram resminya mengunggah sebuah video perjalanannya ke Pangkep, Sulawesi Selatan. Sandiaga lantas bercerita bagaimana potensi laut di wilayah tersebut.

"Perjalanan ke Sulawesi Selatan kemarin diawali dengan mengunjungi Kabupaten Pangkep. Saya melihat Kabupaten Pangkep memiliki potensi laut yang sangat luar biasa. Ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan meningkatkan ekonomi masyarakatnya," kata Sandiaga.

Unggahan tersebut kemudian mendapatkan berbagai komentar dari para netizen. "Otw KKP nih, Chief?" tanya salah satu netizen.