Indonesia dan Malaysia beberapa kali pernah berseteru dengan kasus perebutan budaya. Beberapa kali warisan budaya Indonesia diklaim oleh Indonesia, mulai dari lagu, batik, hingga makanan.

Rendang menjadi salah satu makanan yang pernah diklaim oleh Malaysia. Padahal makanan ini adalah makanan asli Indonesia, tepatnya Padang, Sumatera Barat.

Hal ini tampak pada unggahan seorang YouTuber Indonesia Jerome Polin melalui kanal YouTube Nihonggo Mantappu yang diunggah beberapa waktu lalu. Saat itu, ia tengah berada di Malaysia. Ia mewawancarai beberapa orang tentang dari manakah rendang berasal.

Rupanya, ada masyarakat Malaysia yang menganggap rendang berasal dari negeri Jiran. Rupanya saat hari raya Idul Fitri mereka memakan rendang sebagai santapan khas. Sedihnya, orang tersebut bahkan tak tahu bahwa rendang sebenarnya makanan asli Indonesia.

Namun ada pula warga Malaysia yang menganggap bahwa makanan itu berasal dari dua negara yaitu Malaysia dan Indonesia.

Hal ini karena mereka menganggap Indonesia dan Malaysia adalah negara yang berdekatan dan memiliki budaya yang sama.

Unggahan 2 tahun lalu ini kembali ramai diperbincangkan setelah seorang warganet mengunggah kembali video ini. Potongan video tersebut diunggah ke akun TikTok @dika_ymn. Di TikTok, unggahan ini sudah ditonton sebanyak hampir 2 juta kali hingga Sabtu (28/11/2020).

"Wah, ngajak ribut nih mbaknya. Setiap negara punya makanan khas sendiri," ucap warganet ini di kolom komentar.

Ada pula yang berharap makanan Indonesia tak dijual di Malaysia. "Tolong orang Indonesia kalo ke Malaysia nggak usah jualan seblak, bakso, dan mi ayam. Nanti diklaim," ujar seorang warganet.

"Tenang aja, rendang berasal dari Indonesia itu sudah diakui oleh UNESCO," komentar warganet lainnya.