Adalah Alpha JWC Ventures yang tertarik membenamkan modal di bisnis kuliner di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, Alpha JWC mengguur melirik Mangkok Ku, bisnis kuliner yang ditekuni Gibran Rakabuming Raka, anak Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kali ini, Mangkok Ku, mendapat suntikan modal hingga US$ 2 juta, atau sekitar Rp 28,3 miliar (kurs Rp 14.162 per dolar AS). Rencananya, dana itu akan digunakan untuk memperluas pasar dengan membuka cabang baru. "Saat ini kami telah memiliki 22 cabang," kata Gibran, Senin (23/11/2020).

Dengan dana yang lumayan ini, Gibran berharap, bisa membuka cabang baru sehingga mampu menyerap tenaga kerja di berbagai daerah. Menurutnya, Alpha JWC Ventures memiliki penilaian yang positif terhadap usaha kulinernya itu. "Karena Mangkok Ku adalah brand food and beverages yang cukup resilient di masa pandemi ini," katanya.

Usaha yang dirintis bersama Kaesang Pangarep dan Chef Arnold Purnomo itu tidak hanya mampu bertahan di tengah pandemi. "Tapi kami masih bisa membuka cabang bari di tengah masa sulit ini," katanya. Hal itu menurutnya menjadi alasan bagi Alpha JWC Ventures tertarik memberikan suntikan modal. Selain membuka cabang baru, Gibran memiliki beberapa perencanaan lain untuk memanfaatkan modal baru itu. "Membuat cloud kitchen, central kitchen serta fasilitas riset and development," katanya.

Melalui dana segar tersebut, Mangkok Ku akan membuka 30 cabang baru di akhir tahun ini. Mereka juga menargetkan mampu membuka 75 cabang baru lainnya pada tahun depan. Perusahaan kuliner Mangkok Ku tersebut didirikan oleh Chef Arnold bersama pengusaha Randy Kartanidata dengan bekerja sama dengan Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep pada 2019 lalu. Keempat pendiri tersebut telah membangun belasan merek usaha food and beverages, baik di Indonesia maupun Australia.